PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK PENGELASAN PADA SISWA KELAS XI SMK SWASTA MUSDA PERBAUNGAN T.A 2017/2018

Harahap, Aminullah Abdul Jalil (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK PENGELASAN PADA SISWA KELAS XI SMK SWASTA MUSDA PERBAUNGAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5122121001 COVER.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5122121001 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5122121001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5122121001 KPREFACE.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5122121001 LIST OF CONTENS.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5122121001 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5122121001 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. LIST OF APPENDICCES.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5122121001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (885kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5122121001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5122121001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar teknik pengelasan siswa kelas XI SMK Swasta Musda Perbaungan dengan menerapkan Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL). Dalam pelaksanaan tindakan guru dibantu oleh seorang pengamat sebagai observer. Strategi ini mempunyai empat tahapan, yaitu tahap: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi yang dari dua siklus. Hasil penelitiannya diamana nilai rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan aktivitas dari siklus I ke siklus II dengan peningkatan sebesar 25,81%. Dari tes evaluasi hasil belajar siswa terjadi peningkatan dimana 20 siswa (64,52%) yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 26 siswa (83,87%) pada siklus II dimana terjadi peningkatan sebesar 19,35%, berarti bahwa telah tercapai batas tuntas indikator yang ditetapkan secara klasikal yaitu 80% siswa memperolah nilai ≥ 75. Melalui penelitian ini terbukti bahwa strategi pembelajaran Project Based Learning telah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, pembelajaran pada mata pelajaran Teknik Pengelasan dengan menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning. Pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI SMK Swasta Musda Perbaungan Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTriono, Selamat195812081984031001
Call Number: SK-2018 MSN 039
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING, KEAKTIFAN BELAJAR, HASIL BELAJAR.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 04 Jun 2018 10:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30550

Actions (login required)

View Item View Item