PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN QUANTUM TERHADAP PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK JAMIYATUL BATAK MELAYU INDONESIA TAHUN AJARAN 2017/2018

ASRIDA, DINI (2018) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN QUANTUM TERHADAP PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK JAMIYATUL BATAK MELAYU INDONESIA TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01 NIM.1133113007 DINI ASRIDA - COVER.pdf]
Preview
Text
01 NIM.1133113007 DINI ASRIDA - COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 02 NIM.1133113007 DINI ASRIDA - APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02 NIM.1133113007 DINI ASRIDA - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (691kB) | Preview
[thumbnail of 03 NIM.1133113007 DINI ASRIDA - ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03 NIM.1133113007 DINI ASRIDA - ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 04 NIM.1133113007 DINI ASRIDA - PREFACE.pdf]
Preview
Text
04 NIM.1133113007 DINI ASRIDA - PREFACE.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 05 NIM.1133113007 DINI ASRIDA - TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05 NIM.1133113007 DINI ASRIDA - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 06 NIM.1133113007 DINI ASRIDA - TABLES.pdf]
Preview
Text
06 NIM.1133113007 DINI ASRIDA - TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 07 NIM.1133113007 DINI ASRIDA - ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07 NIM.1133113007 DINI ASRIDA - ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 08 NIM.1133113007 DINI ASRIDA - APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08 NIM.1133113007 DINI ASRIDA - APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 09 NIM.1133113007 DINI ASRIDA - CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09 NIM.1133113007 DINI ASRIDA - CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM.1133113007 DINI ASRIDA - CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 NIM.1133113007 DINI ASRIDA - CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM.1133113007 DINI ASRIDA - BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14 NIM.1133113007 DINI ASRIDA - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Pembelajaran Quantum Terhadap Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-
6 Tahun Di TK JBMI Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu One Group Pre-Test and Post- Test Design. Populasi penelitian ini adalah anak TK B yang ada di TK JBMI Serdang Bedagai berjumlah 34 anak. Teknik pengambilam sampel dilakukan dengan cara observasi melihat langsung dan dari yang dilihat ada 10 orang anak yang masih
rendah kemampuan kognitifnya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis nonparametrik dengan menggunakan uji wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa setelah diberi perlakuan, anak memperoleh skor terendah 6, skor tertinggi 9 dan nilai rata-rata 7,6
yang lebih tinggi dibandingkan sebelum diberi perlakuan yang memiliki skor terendah 3 dan skor tertinggi 5 dan nilai rata-rata 4,2. Dari hasil perhitungan uji
Wilcoxon terlihat bahwa Thitung > Ttabel dimana 55 > 8. Jadi dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh Penerapan Pembelajaran Quantum Terhadap Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK JBMI Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2017/2018” atau hipotesis diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PAUD 026
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 31 May 2018 15:00
Last Modified: 18 Feb 2019 04:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30544

Actions (login required)

View Item
View Item