PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN DAN KIT PRAKTIKUM KIMIA TERINTEGRASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK KELAS X SMA/MA SEMESTER GENAP SESUAI KURIKULUM 2013

Mardhiya, Julia (2018) PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN DAN KIT PRAKTIKUM KIMIA TERINTEGRASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK KELAS X SMA/MA SEMESTER GENAP SESUAI KURIKULUM 2013. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8166141008 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8166141008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8166141008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8166141008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8166141008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8166141008 TABLES.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8166141008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8166141008 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8166141008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8166141008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8166141008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (613kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan penuntun praktikum kimia yang digunakan di sekolah sesuai atau tidak menurut kriteria yang ditetapkan oleh BSNP, membuat penuntun praktikum kimia untuk kelas X SMA/MA Semester Genap yang valid sesuai kriteria BSNP, membuat kit pratikum kimia yang memenuhi standar, mengetahui tingkat keterlaksanaan penuntun dan kit praktikum yang dikembangkan, mengetahui keefektifan penggunaan penuntun dan kit praktikum kimia terhadap hasil belajar kognitif, sikap dan keterampilan siswa serta untuk mengetahui respon siswa terhadap penuntun dan kit yang dikembangkan. Adapun sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah dua penuntun praktikum kimia dengan penerbit berbeda kelas X SMA/MA Semester Genap dan 20 siswa kelas X MIA MAN 2 Tanjung Pura yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian termasuk penelitian pengembangan (research and development) dengan desain penelitian ADDIE. Pada tahap implementasi digunakan desain penelitian one shot case study. Teknik analisis data dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan lembar uji kelayakan penuntun dan kit praktikum, lembar observasi keterampilan, lembar observasi sikap, tes hasil belajar kognitif dan respon siswa terhadap penuntun dan kit praktikum. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum yang ada di sekolah layak digunakan namun perlu adanya pengembangan. Hasil uji kelayakan penuntun praktikum yang dikembangkan yaitu kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian dan kelayakan kegrafikan dinyatakan layak, demikian juga dengan kit yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan. Tingkat keterlaksaan penuntun dan kit praktikum pada kelompok kecil sebesar 88,50% yang dikategorikan sangat baik. Keefektifan penggunaan penuntun dan kit praktikm kimia terhadap hasil belajar kognitif, sikap dan keterampilan siswa diuji dengan one sampel t-test dengan taraf signifikansi 5% dan diperoleh hasil ratarata hasil belajar kognitif, sikap dan keterampilan siswa yang menggunakan penuntun dan kit praktikum kimia lebih besar dari 75 (KKM) dan respon siswa terhadap penuntun dan kit yang dikembangkan 81,14% dalam kategori sangat baik

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Thesis advisorMahmud, 195802221981031001
Call Number: 5421 Mar p
Keywords: Praktikum Kimia, ADDIE,Ilmu Kimia, Kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LT Textbooks
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 26 May 2018 02:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30492

Actions (login required)

View Item View Item