UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DI KELAS III SD NEGERI 101775 SAMPALI KEC. PERCUT SEI TUAN T.A. 2017/2018

OKTA, ARLELDA JACIA (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DI KELAS III SD NEGERI 101775 SAMPALI KEC. PERCUT SEI TUAN T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1141111013 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1141111013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1141111013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM, 1141111013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1141111013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1141111013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1141111013 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1141111013 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1141111013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1141111013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1141111013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa rendah pada materi pecahan di Kelas III b SD Negeri 101775 Sampali Kec. Percut Sei Tuan T.A. 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika menggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) pada materi pecahan siswa Kelas III b SD Negeri 101775 Sampali T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dengan 2 siklus dan 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dengan subjek siswa III b SD Negeri 101775 Sampali yang berjumlah 31 orang dengan rician 14 laki-laki dan 17 perempuan. Adapun alat pengumpulan datanya adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Dari hasil temuan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan awal siswa 30,32 dengan persentase keberhasilan belajar siswa secara klasikal 0%. Setelah dilakukan tindakan siklus I dari hasil postes I diperoleh hasil belajar siswa meningkat menjadi rata-rata 52,9 dengan persentase keberhasilan siswa secara klasikal dari hasil postes I meningkat menjadi 29,03% (8 orang siswa yang tuntas) dan 74,19% tidak tuntas (jumlah siswa 23 orang). Selanjutnya, dari hasil postes siklus II diperoleh hasil belajar matematika siswa meningkat menjadi rata-rata 71,45 dan persentase keberhasilan siswa secara klasikal mengalami peningkatan menjadi 87,09% (27 orang siswa) tuntas dan 12,9% yang tidak tuntas (4 orang siswa). Berdasarkan hasil penelitian keseluruhan, maka dapat disimpulkan bahwa penggunakan Strategi pembelajaran tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika dengan kompetensi dasar memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhanapada kelas III SD Negeri 101775 Sampali tahun ajaran 2017/2018

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, Nurmayani1961111119880032001
Call Number: SK-2018 PGSD 112
Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Tipe Think Talk Write (Ttw)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 23 May 2018 12:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30438

Actions (login required)

View Item View Item