PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMK NEGERI 1 PANGKATAN

Sipahutar, Yunita (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMK NEGERI 1 PANGKATAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156172052 COVER.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156172052 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156172052 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156172052 PREFACE.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156172052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156172052 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156172052 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM. 8156172052 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8156172052 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (641kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis pembelajaran matematika realistic untuk meningkatkan kemampuan metakognisi dan kreatif siswa SMK Negeri 1 Pangkatan.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan rancangan model pengembangan perangkat 4D menurut Thiagarajan yang telah dimodifikasi. Berdasarkan pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model 4-D yang telah dimodifikasi, dihasilkan perangkat pembelajaran berbasismasalah yang valid. Perangkat pembelajaran tersebut terdiri dari: (1) Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP); (2) Buku Siswa (BS); (3) Lembar Aktivitas Siswa (LAS); (4) Tes Kemampuan Metakogisi (TKM); dan (5) TesKemampuanKreatifitas (TKK) yang dapat dilihat pada lampiran. Keefektifan perangkat pembelajaran berbasis PMR yang dikembangkan telah memenuhi criteria efektif ditunjukkan oleh ketuntasan klasikal siswa terpenuhi, aktivitas aktif siswa dalam batas toleransi yang ditetapkan, respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran positif.Peningkatan kemampuan Metakognisi siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis PMR yang dikembangkan adalah rata-rata pencapaian kemampuan Metakognisi siswa pada ujicoba I sebesar 73,68 meningkat menjadi 86,84 pada uji coba II dan rata-rata setiap indikator kemampuan Metakogni sisiswa meningkat dari uji coba I keuji coba II.Peningkatan kemampuan Kreatifitas matematik siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis PMR yang dikembangkan adalah rata-rata pencapaian kemampuan Kreatifitas matematik siswa pada uji coba I sebesar 77,19 meningkat menjadi 81,57 pada uji coba II dan rata-rata setiap indikator kemampuan Kreatifitas matematik siswa meningkat dari ujicoba I keuji coba II.Proses jawaban siswa pada uji coba II lebih baik dari proses jawaban siswa pada uji coba I.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Bornok196509101991021001
Thesis advisorMulyono, 197112311999031010
Call Number: 510.071 2 Sip p
Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran,PMR,kemampuan metakognisi,kreatif matematika siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 May 2018 02:59
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30337

Actions (login required)

View Item View Item