PENGARUH KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU : STUDI EMPIRIS DI SMP NEGERI KABUPATEN DAIRI

Purba, Jonlis R.H. (2010) PENGARUH KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU : STUDI EMPIRIS DI SMP NEGERI KABUPATEN DAIRI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1500081188130028 Abstrak.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188130028 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188130028 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188130028 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188130028 Bab V.pdf - Published Version

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188130028 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Iangsung kepemimpinanpartisipatif kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru, (2) pengaruh langsung kepemimpinan partisipatif kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru, (3) pengaruh Iangsung motivasi kerja guru terhadap kepuasan kerja guru, (4) pengaruh kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara simultan terhadap kepuasan kerja guru SMP Negeri Kabupaten Dairi.Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional yang tidak timbal-batik ataudisebut penelitian hubungan pengaruh dengan menetapkan tiga variabel, (I) kepemimpinan partisipatif kepala sekolah (X1), (2) motivasi kerja guru (X2), dan (3) kepuasan kerja guru (X3). Unit analisis dalam penelitian ini adalah sekolah, dengan jumlah populasi sebanyak 35 Sekolah SMP Negeri di Kabupaten Dairi. Objek dalam penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Kepala sekolah sebanyak 35 orang dan guru sebanyak 912 orang (PNS dan non PNS). Data penelitian diperoleh dari guru (sebagai responden) sebanyak 236 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah (1) angket dengan skala Likert untuk mengetahui kepemimpinan partisipatif kepala sekolah, dan dari hasil uji coba diperoleh 4 butir yang tidak valid dan 26 butir valid dengan koefisien reliabilitas 0,928, (2) angket dengan skala Likert untuk mengetahui motivasi kerja guru, dan hasil uji coba diperoleh 4 butir yang tidak valid dan 26 butir valid dengan koefisien reliabilitas 0,874, dan (3) angket dengan skala Likert untuk mengetahui kepuasan kerja guru, dan setelah uji coba diperoleh 3 butir yang tidak valid dan 27 butir valid dengan koefisien reliabilitas 0,852.Analisis yang digunakan untuk menganalisis data penelitian adalah analisis jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) kepemimpinan partisipatif kepala sekolah memberikan pengaruh langsung yang signifikan terhadap motivasi kerja guru sebesar 22,27%, (2) kepemimpinan partisipatif kepala sekolah juga memberikan pengaruh langsung yang signifikan terhadap kepuasan kerja guru sebesar 14,68%, (3) motivasi kerja guru memberikan pengaruh langsung dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru sebesar 13,80%, dan (4) Kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara simultan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru sebesar 41,90%.Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan kepemimpinan partisipatif oleh kepala sekolah dan adanya motivasi kerja dari guru akan memberikan pengaruh langsung dan simultan yang signifikan terhadap kepuasan kerja guru SMP Negeri Kabupaten Dairi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorManullang, Belferik194710151974121001
Thesis advisorMatondang, Zulkifli196807131993031003
Call Number: 373.236 Pur p
Keywords: Kepemimpinan partisipatif; Motivasi kerja; Kepuasan kerja; Guru; Kepala sekolah
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3026

Actions (login required)

View Item View Item