MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KELAS V-A SD NEGERI 101775 SAMPALI T.A 2017/2018

Nasution, Syahira Dana (2018) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KELAS V-A SD NEGERI 101775 SAMPALI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 114331106_COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 114331106_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 114331106_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 114331106_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 114331106_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 114331106_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 114331106_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 114331106_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 114331106_BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 114331106_BAB V.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 114331106_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA hendaknya melibatkan siswa aktif secara langsung dalam pembelajaran agar pengetahuan IPA yang dipelajari akan terus diingat siswa dan pembelajaran IPA menjadi menyenangkan yang berdampak langsung pada motivasi dan hasil belajar siswa. Namun, berdasarkan hasil pengamatan peneliti di kelas V-A SD Negeri 101775 Sampali T.A 2017/2018, guru kurang mampu dalam menerapkan gaya belajar IPA yang mengajak siswa aktif dalam pembelajaran. Model pembelajaran Inkuiri merupakan sebuah model yang dikira mampu meningkatkan aktivitas siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatanaktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran Inkuiri pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek seluruh siswa kelas V-A SD Negeri 101775 Sampali T.A 2017/2018 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data untuk penelitian ini adalah dengan menggunakan pengamatan terhadap aktivitas belajar siswa sekaligus penyebaran angket aktivitas belajar kepada siswa. Dengan melakukan pengamatan aktivitas belajar siswa, pada Siklus I Pertemuan 1 terdapat 9 orang siswa yang aktif dengan persentase 32,26%. Pada Siklus I Pertemuan 2 terdapat 16 orang siswa yang aktif dengan persentase 51,61%. Selanjutnya, terjadi peningkatan yang baik pada Siklus II Pertemuan 1 terdapat 25 orang siswa yang aktif dengan persentase 80,65% dan pada Siklus II Pertemuan 2 menjadi 90,32% dengan banyak siswa yang aktif yaitu 28 orang siswa. Sedangkan hasil penyebaran angket menunjukkan pada Siklus I, terdapat 16 orang siswa yang tergolong aktif dengan persentase 51,61%, lalu pada Siklus II naik menjadi 28 orang siswa dengan persentase 90,32%. Dari hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa penelitian ini berhasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAnwar, Khairul195807091985011001
Call Number: SK-2018 PGSD 100
Keywords: aktivitas belajar, mata pelajaran IPA, model pembelajaran Inkuiri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 02 May 2018 11:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30235

Actions (login required)

View Item View Item