PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS BERBASISI PETA PIKIRAN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 MEDAN

Epalen, Nopia (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS BERBASISI PETA PIKIRAN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156191010 COVER.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156191010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156191010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156191010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156191010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156191010 TABLES.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156191010 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156191010 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8156191010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8156191010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8156191010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan bahan ajar menulis teks prosedur kompleks berbasis peta pikiran pada siswa kelas X SMK Negeri 7 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R & D) yang dikemukakan oleh Sugiyono merujuk pada model Borg & Gall. Subjek uji coba terdiri dari 3 siswa dengan uji coba perorangan, 9 siswa dengan uji coba kelompok kecil, dan 32 siswa dengan uji coba lapangan terbatas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan tes menulis teks prosedur kompleks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 87,5% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 85,57% pada kriteria sangat baik, dan aspek bahasa dengan rata-rata 88,46% pada kriteria sangat baik, (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 85,41% pada kriteria sangat baik, (3) respon guru dengan rata-rata 86,03% pada kriteria sangat baik, (4) uji coba perorangan dengan rata-rata 71,11% pada kriteria baik, (5) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 83,15% pada kriteria sangat baik, dan (6) uji lapangan terbatas dengan rata-rata 86,04% pada kriteria sangat baik. Hasil belajar tes menulis teks prosedur kompleks siswa sebelum menggunakan modul sebesar 71,09% sedangkan hasil belajar tes menulis teks prosedur kompleks siswa sesudah menggunakan modul meningkat sebesar 86,71%. Selisih yang diperoleh sebesar 15,62 dari sebelum ke sesudah menggunakan modul. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar menulis teks prosedur kompleks yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis peta pikiran. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan sumbangan praktis terutama dalam pelaksanaan pembelajaran bagi guru sebagai bahan ajar tambahan dan sebagai sarana yang membantu dan memudahkan siswa dalam memahami materi teks prosedur kompleks sehingga dapat diaplikasikan pada kehidupan masing-masing

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAsi Siburian, Tiur194812291980032002
Keywords: Bahan Ajar, Modul, Teks,Peta Pikiran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 24 Apr 2018 15:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30031

Actions (login required)

View Item View Item