KEBERHASILAN SISWA SMA BELAJAR KIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMPUTER DAN PETA KONSEP

Siahaan, Jumintan (2009) KEBERHASILAN SISWA SMA BELAJAR KIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMPUTER DAN PETA KONSEP. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1500071188410009 Abstrak.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500071188410009 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500071188410009 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500071188410009 Bab I.pdf - Published Version

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500071188410009 Bab V.pdf - Published Version

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500071188410009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (509kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) perbedaan basil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran ST AD dan konveosional. 2) perbedaan basil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran STAD dengan media peta koosep dan konveosional. 3) perbedaan basil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran STAD dengan media komputer dan konvensiooal. 4) perbedaan basil belajar ~ sjswa ~g diqjarkan dmgM model ~belajaran STAO dengan gabungan media peta konsep dengan komputer dan konvensiooal. 5) pengaruh model pembelajaran k.ooperatif tipe ST AD, media peta konsep, dan media komputer terbadap basil beJajar siswa. Penetitian ini diJakukan di SMA Negeri 3 Pematangsiantar Propinsi Sumatera Utara, menggWl8kan metode eksperimen deogan disain faktorial 4 X 1 dan sampel betjumlah ISS orang siswa yang pcngambilarmya dihilrubri dengan cluster random sampling. Instrumen penelitian basil belajar kimia menggunakan tes piliban gaoda dengan 5 pilihaojawaban (a, b, c, d and e) dan betjumlah 30 butir. Uji Validasi tes dilalrulcan dengan bantuan anatest dan memiliki reliabilitas 0,713. Uji persyaratan analisis menggtmakan uji Kolmogorov-smimov untuk uji nonnalitas sedangkan untuk uji homogenitas sampel menggunakan uji Levene. Telrnik analisis data menggunakan uji anava satu jalur, uji T dan uji Chi lruadrat. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini adalah l.)Terdapat perbedaan yang signifikan basil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran ST AD tanpa media dan siswa yang diajar dengan model konvensional. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan basil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran ST AD deogan peta konsep dan siswa yang diajar dengan model konvensiooal. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan basil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran ST AD dengan media komputer dan siswa yang diajar dengan model konvensiooal. 4) Terdapat perbedaan yang signifikan basil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran ST AD dengan gabungan media peta konsep dan komputer dan siswa yang diajar dengan model konveosional. Semua perbedaan ini ditunjukkan dari nilai proporsi p (Sig.) (2-tailed) = 0,000 < 0,05). ( 5) Tenlapat pengaruh positip model pembelajaran kooperatif tipe ST AD, media peta konsep dan media komputer terbadap peningkatan basil belajar kimia siswa. 6) Penggunaan media peta konsep dan media komputer melalui model pembelajaran kooperatif tipe ST AD berasosiasi pengaruh positif dari kedua media tersebut terbadap keberbasilan siswa kimia belajar kimia pada pokok babasan Koloid. · Implikasi dari basil penelitian ini adalah penggw18811 model pembelajaran ST AD dengan tanpa media maupun dengan media peta konsep dan media komputer akan meningkatkan perolehan basil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilalahi, Albinus130892960
Thesis advisorMahmud, 195702221989031004
Call Number: 540.071 Sia k
Keywords: belajar; siswa; kelas; model; kimia; komputer
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3003

Actions (login required)

View Item View Item