PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV SD ISLAM PERMATA AMANDA KECAMATAN MEDAN MARELAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Barus, Nurdaliana (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV SD ISLAM PERMATA AMANDA KECAMATAN MEDAN MARELAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156182035 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156182035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156182035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156182035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156182035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156182035 TABLE.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156182035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156782035 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156182035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM.8156182035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM.8156182035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa berbasis proyek yang layak dan valid serta efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SD Islam Permata amanda Medan Marelan kelas IV. Sedangkan objek dalam penelitian adalah Lembar Kerja Siswa berbasis proyek.Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar validasi Lembar Kerja Siswa, lembar validasi tes hasil belajar, tes hasil belajar dan angket respon siswa.Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi dan bahasa menyatakan bahwa LKS yang dikembangkan layak digunakan di lapangan dengan revisi dan valid, sedangkan validasi ahli desain pembelajaran menyatakan bahwa LKS yang dikembangkan layak digunakan di lapangan tanpa revisi dan valid; dan (2) berdasarkan uji coba lapangan, LKS dapat dinyatakan efektif. Hal tersebut berdasarkan: persentase ketuntasan klasikal meningkat yaitu 89,66 %, dari 29 siswa yang mengikuti tes; ketercapaian tujuan pembelajaran (TPK) tercapai; respon siswa positif; dan presentase waktu belajar efektif. Tingkat keefektifan LKS berbasis proyek dalam meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan gain score adalah sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSetiawan, Deny196803081993031003
Thesis advisorEviyanti, Evi196501031993032001
Call Number: 371.307 1 Bar p
Keywords: lembar kerja siswa, proyek, model pengembangan 4-D, hasil belajar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 Apr 2018 02:15
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29926

Actions (login required)

View Item View Item