PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI KELAS C 2016 SEMESTER III DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Silaban, Hera Monika (2018) PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI KELAS C 2016 SEMESTER III DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1133351055_COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1133351055_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1133351055_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1133351055_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1133351055_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1133351055_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1133351055_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1133351055_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1133351055_BAB I.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1133351055_BAB V.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1133351055_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview

Abstract

Rumusan Masalah dalam Penelitian ini adalah “Apakah penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Kelas C 2016 semester III Pendidikan Ekonomi Di Universitas Negeri Medan?” Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar pada mahasiswa kelas c pendidikan ekonomi semester III Di Universitas Negeri Medan dengan menggunakan media audiovisual“. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTBK) dengan menggunakan media audiovisual meningkatkan motivasi belajar pendidikan ekonomi semester III di Universitas Negeri Medan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi semester III di Universitas Negeri Medan yang berjumlah 12 orang. Desain dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan 2 siklus dan setiap siklusnya memiliki 4 tahapan, yaitu; 1) Perencanaan; 2) Pelaksanaan (Tindakan); 3) Pengamatan (Observasi); 4) Refleksi. Dan di akhir setiap siklus dilakukan evaluasi. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pra siklus mahasiswa Pendidikan Ekonomi semester III. Pada Siklus I terjadi meningkat ada 4 orang (60%) mahasiswa Pendidikan Ekonomi semester III berada pada kategori memiliki Motivasi sedang, 8 orang (40%) berada pada kategori memiliki motivasi belajar yang rendah. Pada Siklus II terjadi meningkat motivasi belajar yakni tidak ada lagi mahasiswa (0%) berada pada kategori memiliki motivasi yang rendah akan tetapi memiliki peningkatan motivasi belajar yang tinggi serta 12 orang (95%) berada pada kategori peningkatan motivasi belajar yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audiovisual dalam meningkatkan motivasi belajar pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi kelas c 2016 semester III di Universitas Negeri Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorM.Pd. Kons, Prof. Dr. Rosmala Dewi195908021980032002
Call Number: SK-2018 BK 013
Keywords: media audiovisual, motivasi belajar, pendidikan ekonomi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 17 Apr 2018 15:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29771

Actions (login required)

View Item View Item