PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMP NEGERI 2 SIPOHOLON KABUPATEN TAPANULI UTARA

Monika (2010) PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMP NEGERI 2 SIPOHOLON KABUPATEN TAPANULI UTARA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500081188930024 - Abstrak.pdf]
Preview
Text
1500081188930024 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188930024 - Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1500081188930024 - Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188930024 - Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
1500081188930024 - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (686kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188930024 - Bab-I.pdf]
Preview
Text
1500081188930024 - Bab-I.pdf - Published Version

Download (902kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188930024 - Bab-V.pdf]
Preview
Text
1500081188930024 - Bab-V.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188930024 - Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
1500081188930024 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetabui: (1) Perbedaan basil Waiarsiswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD,pembelajaran kooperatif tipe NHT, dan strategi pembelajaran Konvensional; (2)Apakah basil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran k000peratiftipe STAD lebih baik dari strategi pembelajaran kooperatif tipe NHT; (3) Apakahbasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STABlebih back dari strategi pembelajaran Konvensional; (4) Apakah basil belajar siswayang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih balk daristrategi pembelajaran Konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara. Populasi penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas VII SMP Negeri 2 Sipoholon Kabupaten Tapanuli Utara sebanyak176 orang. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampligdan selanjutnya melalui pengundian maka kelas V11-1 terpilih sebagai kelas yangdiberi perlakuan dengan pembelajaran STAD, kelas V11-4 terpilih sebagai kelasyang diberi perlakuan dengan pembelajaran NHT clan kelas sebagaikelas yang dibari perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Data basil belajarBiologi di peroleh dengan menggunakan tes. Sebelum Instrumen digunakanterlebih dahulu di validkan. Hasil uji persyaratan menunjukkan sebaran data basilbelajar Biologi adalah berdistribusi normal dan homogen. Hipotesis penelitiandiuji dengan menggunakan uji ANACOVA dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasilini menunjukkan (1) Terdapat perbedaan yang signiftkan terhadap hasil belajarsiswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD, strategipembelajaran kooperatif tipe NHT dan strategi pembelajaran Konvensional; (2)Hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipeSTAD lebih baik dari strategi pembelajaran kooperatif tipe NHT; (3)Hasil belajarsiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baikdari strategi pembelajaran Konvensional; (4) Hasil belajar siswa yang diajardengan strategi pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dari strategipombelajaran Konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.071 Mon p
Keywords: Hasil Belajar; Kooperatif; STAD; NHT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 27 Apr 2016 22:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2972

Actions (login required)

View Item
View Item