HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DARI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 101771 TEMBUNG T.A 2017/2018

BR KARO KARO, ANISA (2018) HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DARI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 101771 TEMBUNG T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1143311004_COVER.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1143311004_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1143311004_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1143311004_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1143311004_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1143311004_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1143311004_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1143311004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1143311004_BAB I.pdf - Published Version

Download (764kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1143311004_BAB V.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1143311004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Hubungan Fasilitas Belajar dari Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 101771 Tembung T.A 2017/2018. Masalah yang dihadapi adalah tentang rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 101771 Tembung T.A 2017/2018. Hipotesis yang diajukan adalah diduga bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Fasilitas Belajar dari Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 101771 Tembung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian ex post facto dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah 77 siswa ditentukan dengan teknik total sampling. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 19 januari 2018 hingga 20 maret 2018.Selanjutnya hasil analisis data dengan uji Korelasi Product Moment, diperoleh koefisien korelasi rhitung = 0,333 dengan rtabel = 0,288 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 0,333 > 0,288 atau rhitung lebih besar daripada nilai rtabel maka, fasilitas belajar dari orang tua memiliki hubungan terhadap hasil belajar matematika siswa. Untuk mengetahui signifikan hubungan fasilitas belajar dari orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa menggunakan rumus uji t.Dari uji tersebut diperoleh thitung = 2,369 dengan ttabel = 2,014 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian, 2,369 > 2,014 atau thitung lebih besar daripada nilai ttabel sehingga dapat dikatakan signifikan.Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Terdapat hubungan signifikan antara Fasilitas Belajar dari Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 101771 Tembung “ dapat diterima. Dimana, semakin tinggi fasilitas belajar yang diberikan orang tua maka semakin tinggi hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorLUBIS, WILDANSYAH198507091985011001
Call Number: SK-2018 PGSD 042
Keywords: -
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 17 Apr 2018 15:08
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29683

Actions (login required)

View Item View Item