HUBUNGAN ANTARA GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KERJA DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN

Afni, Nur (2010) HUBUNGAN ANTARA GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KERJA DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500055030524 Absrtak.pdf]
Preview
Text
1500055030524 Absrtak.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 1500055030524 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1500055030524 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (496kB) | Preview
[thumbnail of 1500055030524 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
1500055030524 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (527kB) | Preview
[thumbnail of 1500055030524 Bab I.pdf]
Preview
Text
1500055030524 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1500055030524 Bab V.pdf]
Preview
Text
1500055030524 Bab V.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of 1500055030524 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
1500055030524 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dan lingkungan kerja dengan motivasi berprestasi guru SMP Negeri di kecamatan Percut Sei Tuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang disebarkan terhadap guru SMP Negeri di kecamatan Percut Sei Tuan. Jumlah populasi sebanyak 252 orang, dengan mempergunakan sampel secara proporsional, ukuran sampel didasarkan pada tabel Nomogram Harry King (N S 2000).Untuk menguji hipotesis digunakan analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dengan motivasi berprestasi ( ry = 0,803 ), (2) terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan kerja dengan motivasi berprestasi (ry1 = 0,531), (3) terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dan lingkungan kerja secara bersama-sama dengan motivasi berprestasi (ry12 = 0,905 ), sehingga koefisien determinasinya 90,50%. Bila dirinci masing-masing variabel bebas ternyata hubungan gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah memberikan sumbangan efektif sebesar 44,87% dan sumbangan relatif sebesar 69,58% sedangkan lingkungan kerja memberikan sumbangan efektif sebesar 8,58% dan sumbangan relatif sebesar 30,08.Penelitian ini menyimpulkan, bahwa gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah merupakan hal yang sangat penting diperhatikan para kepala sekolah SMP Negeri di kecamatan Percut Sei Tuan, dan lingkungan kerja juga merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan di SMP Negeri Percut Sei Tuan agar dapat meningkatkan motivasi berprestasi guru SMP Negeri di kecamatan Percut Sei Tuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.236 068 Nur h
Keywords: Kepemimpinan situasional; Kepala sekolah; Lingkungan kerja; Guru; Prestasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 27 Apr 2016 21:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2959

Actions (login required)

View Item
View Item