PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDEKATAN METAKOGNITIF DI SMA NEGERI 5 BINJAI

Harahap, Hafifah Salmi (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDEKATAN METAKOGNITIF DI SMA NEGERI 5 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8146171029 COVER.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8146171029 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8146171029 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8146171029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8146171029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8146171029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8146171029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8146171029 BAB I.pdf - Published Version

Download (989kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 8146171029 BAB V.pdf - Published Version

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8146171029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan pembelajaran pendekatan metakognitif lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (2) Mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran pendekatan metakognitif lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (3) Mengetahui terdapat interaksi antara pembelajaran pendekatan metakognitif dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, (4) Mengetahui terdapat interaksi antara pembelajaran pendekatan metakognitif dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa, (5) Mengetahui proses pemecahan masalah siswa yang diajar dengan pembelajaran pendekatan metakognitif dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (6) Mengetahui proses penyelesaian masalah representasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran pendekatan metakognitif dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Binjai yang berjumlah 210 siswa, dengan mengambil sampel dua kelas berjumlah 60 siswa melalui teksik random sampling. Analisis data dilakukan dengan Anava dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan pembelajaran pendekatan metakognitif lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (2) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran pendekatan metakognitif lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (3) Terdapat interaksi antara pembelajaran pendekatan metakognitif dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, (4) Terdapat interaksi antara pembelajaran pendekatan metakognitif dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa, (5) Proses penyelesaian masalah pemecahan masalah siswa yang diajar dengan pembelajaran pendekatan metakognitif lebih baik daripada yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (6) Proses penyelesaian masalah representasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran pendekatan metakognitif lebih baik daripada yang diajar dengan pembelajaran konvensiona

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRajagukguk, W196110051986011001
Thesis advisorFauzi, Kms.M.Amin196406291993031001
Call Number: 510.071 2 Har p
Keywords: Pendekatan Metakognitif, Pemecahan Masalah, dan Representasi Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Mar 2018 08:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29552

Actions (login required)

View Item View Item