PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN AUTOGRAPH

Siagian, Melan (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN AUTOGRAPH. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8156172067 Cover.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8156172067 Cover.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 815617267  Approval Sheet.pdf]
Preview
Text
2. NIM 815617267 Approval Sheet.pdf - Published Version

Download (591kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 815617267  Abstract.pdf]
Preview
Text
3. NIM 815617267 Abstract.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 815617267 Acknowledment.pdf]
Preview
Text
4. NIM 815617267 Acknowledment.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 815617267 Table of Content.pdf]
Preview
Text
5. NIM 815617267 Table of Content.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 815617267 List of Table.pdf]
Preview
Text
6. NIM 815617267 List of Table.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 815617267 List of Figures.pdf]
Preview
Text
7. NIM 815617267 List of Figures.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 815617267 Chapter I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 815617267 Chapter I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 815617267 Chapter V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 815617267 Chapter V.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 815617267 References.pdf]
Preview
Text
13. NIM 815617267 References.pdf - Published Version

Download (576kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah peningkatan
kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran berbasis
masalah (PBM) berbantuan Autograph lebih tinggi dari pada siswa yang
mendapat pembelajaran kooperatif STAD berbantuan Autograph, (2) Mengetahui
apakah peningkatan self efficacy siswa yang mendapat pembelajaran berbasis
masalah (PBM) berbantuan Autograph lebih tinggi dari pada siswa yang
mendapat pembelajaran kooperatif STAD berbantuan Autograph, (3) Mengetahui
bagaimana aktivitas belajar siswa yang diberi pembelajaran kooperatif STAD dan
pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan Autograph, (4) Mengetahui
bagaimana proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan
masalah terkait kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat
pembelajaran kooperatif STAD dan pembelajaran berbasis masalah (PBM)
berbantuan Autgraph. Penelitian ini berbentuk quasi eksperimen. Populasi
penelitian ini adalah siswa SMA YPN Marisi Medan dengan sampel adalah siswa
kelas X-1 dan siswa kelas X-2 berjumlah 60 siswa. Instrumen penelitian ini
adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan tes angket self efficacy siswa
terhadap pembelajaran. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi validasi
isi, dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,94 dan 0,98 berturut-turut untuk
kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy siswa terhadap pembelajaran.
Analisis data yang digunakan adalah uji ANACOVA. Hasil analisis menunjukkan
bahwa: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat
pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan Autograph lebih tinggi dari
pada siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif STAD berbantuan
Autograph, (2) Peningkatan self efficacy siswa yang mendapat pembelajaran
berbasis masalah (PBM) berbantuan Autograph lebih tinggi dari pada siswa yang
mendapat pembelajaran kooperatif STAD berbantuan Autoraph, (3) Aktivitas
belajar siswa yang diberi pembelajaran kooperatif STAD dan pembelajaran
berbasis masalah (PBM) berbantuan Autograph adalah efektif, (4) Proses
penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah terkait
kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif
STAD dan pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan Autgraph
bervariasi. Berdasarkan hasil peneltian, disarankan agar pembelajaran berbasis
masalah (PBM) berbantuan Autograph dapat dijadikan sebagai salah satu
alternatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self
efficacy siswa sehingga pembelajaran lebih inovatif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Sia p
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif STAD, Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Efficacy, Autograph
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Mar 2018 08:32
Last Modified: 29 Mar 2018 08:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29551

Actions (login required)

View Item
View Item