PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN AUTOGRAPH

Siagian, Melan (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN AUTOGRAPH. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156172067 Cover.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 815617267 Approval Sheet.pdf - Published Version

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 815617267 Abstract.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 815617267 Acknowledment.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 815617267 Table of Content.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 815617267 List of Table.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 815617267 List of Figures.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 815617267 Chapter I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 815617267 Chapter V.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 815617267 References.pdf - Published Version

Download (576kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan Autograph lebih tinggi dari pada siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif STAD berbantuan Autograph, (2) Mengetahui apakah peningkatan self efficacy siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan Autograph lebih tinggi dari pada siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif STAD berbantuan Autograph, (3) Mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa yang diberi pembelajaran kooperatif STAD dan pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan Autograph, (4) Mengetahui bagaimana proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah terkait kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif STAD dan pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan Autgraph. Penelitian ini berbentuk quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA YPN Marisi Medan dengan sampel adalah siswa kelas X-1 dan siswa kelas X-2 berjumlah 60 siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan tes angket self efficacy siswa terhadap pembelajaran. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi validasi isi, dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,94 dan 0,98 berturut-turut untuk kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy siswa terhadap pembelajaran. Analisis data yang digunakan adalah uji ANACOVA. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan Autograph lebih tinggi dari pada siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif STAD berbantuan Autograph, (2) Peningkatan self efficacy siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan Autograph lebih tinggi dari pada siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif STAD berbantuan Autoraph, (3) Aktivitas belajar siswa yang diberi pembelajaran kooperatif STAD dan pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan Autograph adalah efektif, (4) Proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah terkait kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif STAD dan pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan Autgraph bervariasi. Berdasarkan hasil peneltian, disarankan agar pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan Autograph dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy siswa sehingga pembelajaran lebih inovatif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSiagian, Pargaulan195410191980111001
Thesis advisorMulyono, 197112311999031010
Call Number: 510.071 Sia p
Keywords: Pembelajaran Kooperatif STAD, Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Efficacy, Autograph
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Mar 2018 08:32
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29551

Actions (login required)

View Item View Item