PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBASIS AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI MAN 2 MODEL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016 – 2017

Sari, Rina Moga (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBASIS AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI MAN 2 MODEL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016 – 2017. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156192044 JUDUL.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156192044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156192044 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156192044 DAFTAR BAGAN & GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156192044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 8156192044 BAB I.pdf - Published Version

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156192044 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156192044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156192044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156192044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8156192044 BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 8156192044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran bahasa Indonesia pada materi menulis teks eksplanasi untuk siswa kelas XI MAN 2 Model Medan. Dengan mengacu pada kriteria kualitas menurut Nieven. Menurut Niven suatu material dikatakan baik jika memenuhi aspek-aspek kualitas, antara lain: (1)Validitas (Validity), (2) Keprktisan (Paracticaly), dan (3) Keefektifan (Effectiveness) serta membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Metode pada penelitian ini diadaptasi dari Model Hannafin dan Peck (1987) terdiri dari tiga proses utama. Tahap pertama model ini adalah tahap penilaian kebutuhan, dilanjutkan dengan tahap desain dan tahap ketiga adalah pengembangan dan implementasi. Hasil analisis kevalidan menunjukkan validator materi menyatakan media pembelajaran sangat valid (83,75%), dan validator media pembelajaran menyatakan sangat valid (83,75%). Hasil analisis kepraktisan menunjukkan bahwa hasil angket respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan berbasis audio visual mendapatkan respon sangat positif sehingga dengan demikian media pembelajaran ini praktis untuk digunakan. Selain itu media dikatakan efektif karena hasil evaluasi menunjukkan jika lebih besar atau sama dengan 80% subjek uji coba tuntas serta adanya respon repon positif siswa dan guru melalui angket yang diberikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorGafari, M.Oky Fardian197901152005011002
Thesis advisorSumarsih, 195810211983032002
Call Number: 411.071 2 Sar p
Keywords: Media Pembelajaran ; Menulis teks eksplansasi ; audio visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 Mar 2018 04:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29536

Actions (login required)

View Item View Item