PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA INOVATIF MODEL INKUIRI TERINTEGRASI NILAI-NILAI SPIRITUAL BERBASIS KURIKULUM 2013 UNTUK KELAS XI SMA/MA SEMESTER GANJIL

Daulay, Rabiah Afifah (2017) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA INOVATIF MODEL INKUIRI TERINTEGRASI NILAI-NILAI SPIRITUAL BERBASIS KURIKULUM 2013 UNTUK KELAS XI SMA/MA SEMESTER GANJIL. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156141013 COVER.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156141013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156141013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156141013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156141013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156141013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156141013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156141013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8156141013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8156141013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8156141013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (744kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Ketersediaan pengintegrasian nilai-nilai spiritual pada penuntun praktikum kimia berbasis Kurikulum 2013 yang beredar; (2) Tingkat kelayakan penuntun praktikum kimia inovatif; (3) Pengaruh penuntun praktikum timbulnya nilai-nilai spiritual peserta didik; (4) Perbedaan peningkatan hasil belajar dan keterampilan peserta didik yang menggunakan penuntun praktikum kimia inovatif yang dikembangkan dengan pegangan peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah cluster random sampling dimana sampel peserta didik kelas XI di MAN 2 Model Medan yang terdiri dari kelas eksperimen yang menggunakan penuntun yang dikembangkan dan kelas kontrol menggunakan penuntun pegangan siswa pada saat ujicoba produk. Penuntun praktikum yang dikembangkan sangat layak digunakan dengan peroleh nilai rata-rata 4,48 kelayakan isi dan 4,78 kelayakan penyajian, serta 3,91 nilainilai spiritual yang diintegrasikan dalam penuntun ini. Ujicoba terbatas diperoleh data bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar dan keterampilan peserta didik yang menggunakan penuntun praktikum kimia inovatif model inkuiri terintegrasi nilai-nilai spiritual untuk kelas XI SMA/MA Semester Ganjil.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDarman, Ayi196608071990101001
Thesis advisorSitorus, Marhan196301011989031004
Call Number: 540.285 Dau p
Keywords: Penelian Pengembangan, Penuntun Praktikum Kimia Inovatif, NilaiNilai Spiritual, Kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 Mar 2018 07:43
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29531

Actions (login required)

View Item View Item