ANALISIS KETIDAKPADUAN PARAGRAF PADA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PATUMBAK TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

HASIBUAN, NARTI ANALISIS KETIDAKPADUAN PARAGRAF PADA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PATUMBAK TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 2132111014 COVER_docx.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 2132111014 LEMBAR PENGESAHAN_docx.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 2132111014 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 2132111014 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 2132111014 DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 2132111014 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 2132111014 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 2132111014 BAB I_docx.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. 2132111014 BAB V_docx.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penulisan ketidakpaduan paragraf yang terdapat pada teks laporan hasil observasi siswa yang seharusnya paragraf harus meliputi : (1) kepaduan bentuk (kohesi) pada teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Patumbak, dan (2) Kepaduan makna (koherensi) pada teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Patumbak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah teks laporan hasil observasi yang ditulis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Patumbak tahun pembelajaran 2017/2018. Objek penelitian ini adalah penanda hubungan antar kalimat dan penanda pertalian makna antar kalimat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan mendiskripsikan suatu keadaan alamiah secara mendalam dan terperinci mengenai ketidakpaduan paragraf pada teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Patumbak. Untuk menemukan dan mengklasifikasikan penanda hubungan antar kalimat (kohesi) dan penanda pertalian antar kalimat (koherensi) digunakan teknik membaca teks laporan hasil observasi, menganalisis dan mengklasifikasikan penanda, menulis hasil analisis dan menyimpulkan hasil analisis. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrumen), yaitu sebagai instrumen kunci dengan menggunakan bantuan lembar karangan siswa serta tabel analisis penanda hubungan antar kalimat (kohesi) dan tabel analisis penanda pertalian makna antar kalimat (koherensi). Hasil penelitian ketidakpaduan paragraf pada teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Patumbak Tahun Pembelajaran 2017/2018 adalah tingkat ketidakpaduan dari segi kepaduan bentuk (kohesi) paragraf dari 30 teks laporan hasil observasi siswa adalah 1 teks amat baik, 5 teks baik, 4 teks cukup, 7 teks kurang baik, dan 13 teks kurang sekali. Sedangkan tingkat ketidakpaduan paragraf dari segi kepaduan makna (koherensi) paragraf dari 30 teks laporan hasil observasi siswa adalah 4 teks baik, 3 teks cukup baik, 15 teks kurang baik, 8 teks kurang sekali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorM.M., M.Pd., Drs. M. Joharis Lubis,19620212 199003 1003
Thesis advisorM.Pd., Prof. Dr. Tiur Asi Siburian,19481229 198003 2002
Call Number: SK-2018 IND 040
Keywords: Analisis, Ketidakpaduan Paragraf, Teks Laporan Hasil Observasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Mar 2018 08:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29459

Actions (login required)

View Item View Item