PENGARUH METODE EKSPERIMEN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 101739 SEI MENCIRIM

Nazaruddin, Ilham (2018) PENGARUH METODE EKSPERIMEN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 101739 SEI MENCIRIM. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156182022 COVER.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156182022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156182022 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156182022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156182022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 81568022 TABLES.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156182022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156182022 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156182022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156182022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156182022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan Metode Eksperimen dan hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan Metode Konvensional , (2 Perbedaan hasil belajar IPA siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi dengan siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah, dan (3) Interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 101739 Sei Mencirim pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 70 siswa. Sampelnya adalah semua siswa yang mengambil mata pelajaran IPA sebanyak 35 siswa pada kelas VA dan sebanyak 35 siswa pada kelas VB. Instrumen yang digunakan untuk mengumpul data adalah tes hasil belajar IPA dan angket motivasi belajar. Metode penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan Anava pada signifikan = 0,05. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan Metode Eksperimen dan hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan Metode Konvensional ( = 22,795 > = 3,98), (2) Terdapat perbedaaan yang signifikan antara hasil belajar IPA siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi dengan siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah = 13,673 > = 3,13), (3) Terdapat interaksi antara Metode Pembelajaran dan motivasi belajar IPA siswa ( = 5,228> = 3,13). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Metode Eksperimen lebih baik digunakan untuk membelajarkan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi sedangkan Metode Konvensional baik digunakan kepada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah dan terdapat interaksi antara Metode Eksperimen dan motivasi belajar.Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan Metode Eksperimen lebih tinggi hasil belajarnya daripada siswa yang dibelajarkan dengan Metode Konvensional

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSudrajat, Ajat196406251990031003
Thesis advisorDewi, Rosmala195909021985032002
Call Number: 370.157 1 Naz p
Keywords: Metode Eksperimen, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Mar 2018 03:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29411

Actions (login required)

View Item View Item