PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN LOCUS KENDALI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA KATOLIK ST. INGATIUS MEDAN

Sitindaon, Lisda Mariana (2010) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN LOCUS KENDALI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA KATOLIK ST. INGATIUS MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1500071188230074 abstrak.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500071188230074 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500071188230074 bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500071188230074 bab V.pdf - Published Version

Download (825kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian kuasi eksperirnen ini adalah untuk menemukan : (1) hasil belajar Akuntansi antara siswa yang diajarkan dengan strategi pembellajaran inkuiri terpimpin dan inkuiri bebas , (2) siswa dengan locus of control internal dan eksternal, dan (3) apakah terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan locus of control terhadap basil belajar Akuntansi.Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Susie Sekolah Menengah Atas St. Ignatius Medan. Berdasarkan cluster random sampling diperoleh 80 siswa terdiri (Uri 40 siswa kelas XI IPS dan 40 siswa IPS2terpilih sebagai sampel. Tes locus of control diberikan untuk mengklasifikasikannya kedalam locus of control internal dan eksternal dan tes yang digunakan dikembangkan oleh Rotter (1966). Analisis statistik yang dipergunakan statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial ANAVA dipergunakan ANAVA 2 jalur, tetapi sebelum mempergunakan uji analisi data itu dilakukan uji normalitas dan homogenita.s. Instrumen tes untuk basil belajar Akuntansi tes deskriptif dari studi kasus dan 40 butir pilihan berganda dengan reliabilitas tes = 0,846 yang diperoleh rnempergunakan rumus K-R 20. Analisis statistik menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri bebas memperoleh basil belajar Akuntansi lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri terpimpin dibuktikan dengan Fining 23,77 > FtabeR0,05) = 4,06 pada tingkat signifikan a = 0,05, siswa dengan locus of control internal lebih tinggi hasil beiajarnya dari pada siswa dengan locus of control eksternal189,97 > Ftabao,o5)dengan Fanuag = 4,06 pada tingkat signifikan a — 0,05, dan terdapatinteraksi antara strategi pembelajaran dan locus of control terhadap hasil belajar Akuntansi dengan Planing = 14,40 > Ftabeim5) = 4,06 pada tingkat signifikan a = 0,05.Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri bebas lebih tinggi basil belajamya dari pada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri terpimpin dan siswa dengan locus of control eksternal lebih tinggi basil belajarnya jika diajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri terpimpin dari path mereka yang diajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri bebas. Berdasarkan basil penelitian siswa dengan locus of control internal lebih balk diajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri bebas, sedangkan siswa dengan locus of control eksternal harus diajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri terpimpin.Kesimpulannya adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran mempunyai pengarub terhadap basil belajar. Implikasinya adalah hasil belajar dapat ditingkatkan dengan strategi pembelajaran yang bervariasi dan para guru disarankan untuk menerapkan beberapa strategi pembelajaran sehingga efektivitasnya dapat digali.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSibuea, Abdul Muin195810081981031002
Thesis advisorArifin, Tina Mariany194403021969022001
Call Number: 373.238 Sit p
Keywords: Siswa;Pembelajaran;Junior High Schools;Akuntansi;Inkuiri;Locus;
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2937

Actions (login required)

View Item View Item