PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISITIK BERLATAR MUSIK KLASIK DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP SWASTA DARUSSALAM MEDAN

Zebua, Lili Nazliana (2010) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISITIK BERLATAR MUSIK KLASIK DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP SWASTA DARUSSALAM MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1500055020326 abstrak.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500055020326 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500055020326 bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500055020326 bab V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan basil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran realisitik berlatar musik ciptaan Vivaldi dengan basil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran realisitik berlatar musik ciptaan Mozart, (2) Perbedaan basil belajar matematika siswa yang memiliki konsep diri positif dengan basil belajar matematika siswa yang memiliki konsep diri negatif; (3) interaksi antara model pembelajaran realisitik berlatar musik klasik dan konsep diri terhadap basil belajar matematika.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Darussalam Medan, berjurnlah 157 orang yang berasaI dari 4 kelas. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Jumlah sarnpel penelitian untuk model pembelajaran realisitik berlatar musik klasik ciptaan Vivaldi terdiri 38 siswa dan 40 siswa untuk model pembelajaran realisitik berlatar musik klasik ciptaan Mozart. Instrumen pennkuran untuk mengukur basil helajar dig,unakan tes berbentuk pilihan Banda dengan 4 pilihan jawaban yang terdiri dari 30 seal. Untuk menjaring data konsep diri digunakan angket konsep diri yang merujuk pada skate konsep diri menurut Bledso Metode pcnetitian menggunakan rrictode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan a = 0,05.Temuan penelitian menunjukkan bahwa : (I) basil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran realisitik berlatar musik klasik ciptaanVivaldi ( X -23,25) lebih tinggi daripada hasil beta* siswa yang diajar derigaiimodel pembelajaran realisitik berlatar musik klasik ciptaan Mozart (X =21,18),dengan = 4,59 > Fubd 4,10 , (2) basil belajar matematika siswa yang memilikikonsep diri positif (X = 24,24) lebih tinggi daripada basil belajar siswa yangmemiliki konsep diri negatif = 20,95), dengan Fkin„,g= 20,35 > Ftabei -= 4,10, (3)terdapat interaksi antara model pembelajaranrealisitk berlatar musik klasikdan konsep din terhadap basil belajar matematika, dengan Fhitung = 5,26 > Fisbd = 4,10. Perhitungan uji lanjut dengan uji Scheffe menunjukkan (a) basil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaranrealisitk berlatar musik klasik ciptaan Vivaldi lebih tinggi daripada basil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran realisitk berlatar musik klasik ciptaan Mozart, (b) hasil belajar matematika siswa yang memiliki konsep diri positif lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang memiliki konsep diri negatif, (c) terdapat interaksi antara model pembelajaran realisitik berlatar musik klasik dengan konsep diri siswa_

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitumorang, Julaga195108201978031002
Thesis advisorHamid, Abdul195802221981031001
Call Number: 371.3 Zeb p
Keywords: Matematika;Pembelajaran;Model;Musik;Junior High Schools;Klasik;Konsep;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2936

Actions (login required)

View Item View Item