PENGARUH MEDIA FOTO BERORIENTASI KEHIDUPAN SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA YAYASAN PENDIDIKAN GEMA BUWANA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Sembiring, Endang Rismayanti (2017) PENGARUH MEDIA FOTO BERORIENTASI KEHIDUPAN SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA YAYASAN PENDIDIKAN GEMA BUWANA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER (NIM 2133111021).pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PERNYATAAN (NIM 2133111021).pdf - Published Version

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (NIM 2133111021).pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (NIM 2133111021).pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (NIM 2133111021).pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL (NIM 2133111021).pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR LAMPIRAN (NIM 2133111021).pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I (NIM 2133111021).pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB V (NIM 2133111021).pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA (NIM 2133111021).pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media foto berorientasi kehidupan sosial terhadap kemampuan menulis teks eksposisi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X SMA Swasta Yayasan Pendidikan Gema Buwana dengan populasi 126 siswa. Sampel diambil secara acak dan didapat kelas X-4 sebagai sampel dalam penelitian ini dengan jumlah 31 siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test and post-test. Tes penelitian dengan desain ini dilakukan sebanyak dua kali sebelum dan sesudah perlakuan. Perlakuan yang akan diberikan berupa media foto berorientasi kehidupan sosial terhadap kemampuan menulis teks eksposisi. Kemampuan menulis teks eksposisi sebelum menggunakan media foto berorientasi kehidupan sosial memperoleh nilai 61,77 (berada pada kategori cukup), sedangkan kemampuan menulis teks eksposisi sesudah menggunakan media foto berorientasi kehidupan sosial memperoleh nilai rata-rata 81,45 (berada pada kategori baik). Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji “t” menunjukkan thitung (9,50) > ttabel (2,04) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh media foto berorientasi kehidupan sosial terhadap kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Swasta Yayasan Pendidikan Gema Buwana Tahun Pembelajaran 2017/2018. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis teks eksposisi dengan menggunakan media foto berorientasi kehidupan sosial berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarahap, Rosmawati196704201987022002
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 19 Feb 2018 02:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29349

Actions (login required)

View Item View Item