PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POSTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SILINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Silalahi, Berna Desta (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POSTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SILINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2131111010 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.NIM 2131111010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2131111010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2131111010 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2131111010 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2131111010 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2131111010 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2131111010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2131111010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2131111010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media poster terhadap kemampuan menulis karangan narasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Silinda dengan jumlah 120 siswa. Sampel dalam penelitian ini 53% atau berjumlah 64 siswa yang diambil dengan random. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah test essai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Two Group Post-test Only Control Design. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dengan rumus . Dari pengolahan data diperoleh hasil post-test kelas dengan menggunakan media poster dan tanpa menggunakan media poster. Adapun nilai rata-rata kelas dengan menggunakan media poster=77,03; standar deviasi= 7,58; standar error= 1,363; dan termasuk pada kategori baik sekali 9,37%; kategori baik 65,62%; dan kategori cukup sebanyak 25%. Sedangkan nilai rata-rata kelas tanpa menggunakan media poster= 64,21; standar deviasi= 7,61; standar error= 1,368; dan termasuk pada kategori baik sebanyak 15,62%; kategori cukup sebanyak 62,5%; dan kategori kurang 21,87%. Dari hasil uji post-test diketahui keduanya berdistribusi normal. Dari uji homogenitas diporeh bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh th sebesar= 6,78, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dan 1% dk= (N1+N2)-2=62 pada taraf signifikan 5% harga ttabel sebesar=2,00 dan pada taraf signifikan 1% harga ttabel sebesar 2,65. Karena th yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 2,00<6,78>2,65 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti yang empirik bahwa kemampuan menulis karangan narasi siswa dengan menggunakan media poster lebih efektif dibandingkan tanpa menggunakan media poster.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Rosdiana195908281986012001
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 15 Feb 2018 08:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29344

Actions (login required)

View Item View Item