EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUKAN MULTIMEDIA DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN PROSES SAINS SISWA

Sirait, Eskaria (2017) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUKAN MULTIMEDIA DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN PROSES SAINS SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 81261725005 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 81261725005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 81261725005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 81261725005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 81261725005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 81261725005 TABLES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 81261725005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 81261725005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 81261725005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 81261725005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 81261725005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training berbasis multimedia akan lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Direct Instruction, dan kemampuan proses sains pada kelompok siswa yang memiliki sikap ilmiah diatas rata-rata akan lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang memiliki sikap ilmiah dibawah rata-rata, ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran Inquiry Training berbasis multimedia dan model pembelajaran Direct Instruction dengan sikap ilmiah siswa terhadap kemampuan proses sains siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Medan dengan menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dan pengambilan sampel dengan cluster random sampling yaitu kelas X MIA 10 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 11 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa tes uraian untuk mengukur kemampuan proses sains dan angket tertutup untuk mengukur sikap ilmiah siswa. Dari penelitian yang dilakukan didapatlah hasil penelitian yang dianalisis dengan menggunakan uji ANAVA dua jalur yaitu kemampuan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training berbasis multimedia lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Direct Instruction, dan kemampuan proses sains pada kelompok siswa yang memiliki sikap ilmiah diatas rata-rata lebih baik dibandingkan dengan sikap ilmiah siswa dibawah rata-rata, serta adanya interaksi antara model pembelajaran Inquiry Training berbasis multimedia dan model pembelajaran Direct Instruction dengan sikap ilmiah siswa terhadap kemampuan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMotlan, 195908051986011001
Thesis advisorSuyanti, Retno Dwi196601261991032003
Call Number: 534.3 Sir e
Keywords: Inquiry Training berbantukan Multimedia, Sikap Ilmiah, Kemampuan Proses Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education > LC4001 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Feb 2018 03:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29327

Actions (login required)

View Item View Item