PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 LANGSA

Hasibuan, M. Basir S (2010) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 LANGSA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1500055020363 abstrak.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500055020363 bab V.pdf - Published Version

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500055020363 bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500055020363 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan basil belajar Biologi siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran discovery. (2) perbedaan basil belajar siswa yang memiliki konsep diri positif dan siswa yang memiliki konsep din negatif (3) basil belajar siswa dengan konsep din positif yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah, basil belajar siswa dengan konsep diri negatif yang dibelajarkan dengan, strategi pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar siswa dengan konsep din positif yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran discovery dan basil belajar siswa dengan konsep din negatif yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran discovery.Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Langsa, menggunakan metode quasi eksperirnen dengan desain faktorial 2 x 2 dan sampel berjumlah 83 orang siswa yang pengambitannya berdasarkan cluster random sampling. Instrumen penelitian dengan menggunakan tes konsep din siswa dan tes basil belajar biologi siswa. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk meyajikan data dan statistik inferensial digunakan ANAVA 2 jalur..Berdasarkan basil analisis varians (ANAVA) diperoleh hasil penelitian yaitu.: (I) Basil belajar biologi siswa SMA Negeri 1 Langsa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalab lebih tinggi dibandingkan dengan basil belajar biologi siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran discovery.Besarnya = 14,397> Fr = 3,96 atau p = 0,000 < 0,05). Hal ini berarti bahwaFhi,„„ >F1,4,6 (2) Siswa yang memiliki konsep dirt positif memperoleh hasil belajar biologi yang lebib tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki konsep diri negatif Besarnya (Fh — 5.238 > F, = 3,96 atau p = 0.025 < 0.05). Hal ini berarti bahwa Fhitung > Ftlbel (3) basil belajar siswa dengan konsep diri positif yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah, basil belajar siswa dengan konsep diri negatif yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah, basil belajar siswa dengan konsep diri positif yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran discovery dan basil belajar siswa dengan konsep diri negatif yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran discovery tidak berbeda secara signifikan ( Fh = 2.739 <F1= 3,96 atau p = 0.102 > 0. 05).Peningkatan basil belajar biologi dapat dilakukan dengan menggunakan strategi pembelajaran naasalah. Konsep dirt siswa juga dapat menjadi salab sat] faktor pendukung dalam peningkatan hasil belajar biologi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitumorang, Julaga195108201978031002
Thesis advisorNapitupulu, Efendi196311271987031001
Call Number: 373.238 Has p
Keywords: Belajar;Pembelajaran;Biologi;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2918

Actions (login required)

View Item View Item