PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS MAS YPI BAGAN ASAHAN

Fortuna, Wita (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS MAS YPI BAGAN ASAHAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3133321027 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM.3133321027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3133321027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3133321027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3133321027 TABEL OF CONTENS.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3133321027 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3133321027 LIST OF FINGURES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3133321027 APPENDIX LIST.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 3133321027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3133321027 CAHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 3133321027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar peserta didik yang di ajarakan dengan strategi pembelajaran demonstrasi dengan strategi pembelajaran role playing pada mata pelajaran sejarah KELAS XI IPS MAS YPI Bagan Asahan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MAS YPI Bagan Asahan terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 kelas dari populasi secara acak yaitu kelas XI IPS1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa dan kelas XI IPS2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan desain penilitian adalah two group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Pengujian instrument tes hasil belajar adalah dengan uji-t satu pihak, sedangkan lembar aktivitas belajar siswa dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran demonstrasi diperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 79 dan kelas kontrol menggunakan strategi pembelajaran role playing diperoleh nilai rata-rata post-test 55,5. Hasil uji normalitas dan homogenitas diperoleh populasi berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis uji-t pada nilai pos-test diperoleh t > ttabel = 23,447 > 1,682, hal ini menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh strategi pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS MAS YPI Bagan Asahan T.P 2017/2018. Aktivitas belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran demonstarsi diperoleh nilai rata-rata 78,25 dengan kriteria cukup aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTanjung, Samsidar195906261986012001
Thesis advisorTanjung, Yushar196011121986011001
Call Number: SK-2018 SJRH 002
Keywords: strategi pembelajara, hasil belajar sejarah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP50 History
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 26 Jan 2018 16:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29132

Actions (login required)

View Item View Item