PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018

LUTHFI, MUHAMMAD BACHRAWI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5133311006 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5133311006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5133311006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5133311006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5133311006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5133311006 TABLES.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5133311006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5133311006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5133311006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5133311006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5133311006 BILBIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah hasil belajar Konstruski Bangunan pada siswa kelas X di SMK Negeri 2 Medan yang belum optimal. Penelitian ini menerapkan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Metode penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa pada saat penelitian dilaksanakan. Untuk perhitungan uji validitas butir digunakan rumus Koefisien Korelasi dengan subjek penelitian sebanyak 30 orang. Butir tes dikatakan valid apabila rpbis > rtabel pada taraf signifikan 5% atau sama dengan (0,367), sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus K-R20. Dengan menerapkan Model Pembelajaran ini didapat hasil tindakan yang dilakukan didapat rata-rata hasil belajar siswa setelah dilakukan penerapan Model Pembelajaran CTL mengalami peningkatan, dimana dari siklus I rata-rata hasil belajar siswa 69,76% dan pada siklus II menjadi 82,4% dengan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 12,64 %. Dari uraian tersebut berarti bahwa Penerapan Model Pembelajaran CTL meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSIREGAR, SYAFIATUN196905272003122003
Call Number: SK-2018 BAN 001
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING; PENELITIAN TINDAKAN KELAS; KONSTRUKSI BANGUNAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
T Technology > TH Building construction
T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 26 Jan 2018 16:51
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29111

Actions (login required)

View Item View Item