PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

HUTABARAT, GRACE PERDANA (2018) PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.7133341122_SAMPUL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.7133341122_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.7133341122_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.7133341122_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.7133341122_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.7133341122_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.7133341122_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.7133341122_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.7133341122_BAB I.pdf - Published Version

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.7133341122_BAB V.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.7133341122_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview

Abstract

Grace Perdana Hutabarat, Nim 7133341122. Pengaruh Kompetensi Guru Dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 17 Medan T.A 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2018. Masalah dalam Penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Guru dan Disiplin Belajar Siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 17 Medan T. P 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kalas X IIS SMA Negeri 17 Medan dengan jumlah 122 orang. teknik pengambilan sampelnya dilakukan dengan cara Propotioned Random Sampling dengan menggunakan rumus slovin. Sehingga jumlah sampel sebanyak 93 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner masing-masing sebanyak 25 item, kuisioner dinyatakan reliabel dengan dengan Alpha Cronchbach 0,894 untuk variabel Kompetensi Guru dan 0,882 untuk variabel Disiplin Belajar Siswa. Selain itu digunakan studi dokumentasi untuk prestasi belajar ekonomi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear berganda, dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t, Uji F dan koefisien determinasi. Hasil analisis data menunjukan bahwa persamaan regresi linear berganda pada penenlitian ini yaitu Y=23,528+0,414X1+0,350X2+e berarti ada pengaruh positif dan signifikan. Apabila Kompetensi Guru meningkat satu persen maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,414 persen dan apabila Disiplin Belajar Siswa meningkat satu persen maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,350 persen. Pengujian secara parsial (Uji t) menunjukan nilai 4,899 dengan sig 0,000 untuk uji hipotesisi 1, nilai 4,131 dengan sig 0,000 untuk uji hipotesis 2 dan uji F diperoleh nilai 47,169 dengan sig 0,000 untuk hipotesisi 3 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,512 atau 51,2 % dimana hal ini menunjukan besarnya sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel Kompetensi guru dan Disiplin Belajar Siswa terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 51,2 %. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: ada pengaruh positif dan signifikan antara Kompetensi Guru terhadap prestasi belajar ekonomi, ada pengaruh positif dan signifikan antara Disiplin Belajar Siswa terhadap prestasi belajar, serta ada pengaruh postif dan signifikan antara Kompetensi guru dan Disiplin Belajar Siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa ekonomi kelas X IIS SMA Negeri 17 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasution, H.M Fachry195601171983031002
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2018 EKO 002
Keywords: kompetensi guru, disiplin belajar siswa, prestasi belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28812

Actions (login required)

View Item View Item