PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM

KHADIJAH, SITI (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM.4123331050 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM.4123331050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM.4123331050 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM.4123331050 PREFACE.pdf - Published Version

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM.4123331050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM.4123331050 TABLES.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM.4123331050 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM.4123331050 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM.4123331050 CAPTER I.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM.4123331050 CAPTER V.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM.4123331050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) kimia SMA berbasis pendekatan saintifik pada materi hidrolisis garam, (2) mengetahui kualitas Lembar Kerja Siswa (LKS) kimia berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan Hidrolisis Garam, (3) Mengetahui efektifitas penggunaan LKS kimia berbasis pendekatan saintifik dalam pembelajaran hidrolisis garam. Metode yang digunakan adalah research and development (R and D), melalui tahapan: analisis, rancangan dan pengembangan. Tahap analisis, yaitu menganalisis LKS yang digunakan di sekolah dilihat dari aspek materi, soal, praktikum, aplikasi dalam kehidupan sehari-hari, kesesuaian dengan perkembangan ilmu, warna, gambar, halaman, penyajian pembelajaran, ringkasan, dan kunci jawaban. Selanjutnya pada tahap perancangan, LKS dirancang dengan memperhatikan sintaks pembelajaran dengan model saintifik dengan memanfaatkan hal-hal baik dari hasil analisis LKS pada tahap pertama. Pada tahap pengembangan, LKS diuji kelayakannya oleh dosen dan guru dengan menggunakan instrumen angket dari BSNP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang telah dikembangkan adalah valid dan tidak perlu direvisi menurut persepsi dosen berdasarkan hasil uji kelayakan (Skala 1-5) dari tinjauan isi, bahasa, penyajian dan kegrafikan berturut-turut adalah 3,98; 4,02; 4,12; 3,91 dan 3,87. Rancangan LKS kimia hasil pengembangan dibagikan kepada 3 guru kimia, dan 19 siswa untuk meminta pandangan terhadap LKS kimia dengan menggunakan angket yang telah disediakan oleh peneliti dan mendapat skor 4,061 dengan persentase 81% yang berarti mendapat respon positif. Dari hasil penilaian diperoleh nilai yang valid dan tidak perlu revisi yang berarti LKS kimia dengan pendekatan saintifik layak untuk digunakan dan mendapat tanggapan yang positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMuchtar, Zainuddin196703171992031004
Call Number: SK-2018 KIM 010
Keywords: LEMBAR KERJA SISWA, PENDEKATAN SAINTIFIK, HIDROLISIS GARAM
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28751

Actions (login required)

View Item View Item