PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN THINK PAIR SHARE PADA TOPIK SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP ST IGNASIUS MEDAN T.A 2017/2018

Sinaga, Hotmian (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN THINK PAIR SHARE PADA TOPIK SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP ST IGNASIUS MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01.NIM 4133311032 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02.NIM 4133311032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03.NIM 4133311032 CURRICULUM VITAE.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04.NIM 4133311032 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05.NIM 4133311032 PREFACE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06.NIM 4133311032 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07.NIM 4133311032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08.NIM 4133311032 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09.NIM 4133311032 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10.NIM 4133311032 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM 4133311032 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.NIM 4133311032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Togeher dengan tipe Think Pair Share di kelas VIII SMP ST. Ignasius Medan pada topik sistem persamaan linear dua variabel.Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP ST.Ignasius Medan yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah seluruh siswa 89 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling atau berdasarkan perimbangan guru mata pelajaran matematika yang mengajar di kelas tersebut. Maka terpilih lah kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 30 siswa dan kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini menggunakan instrument dalam bentuk tes uraian yaitu posttest yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Instrument tes tersebut sebelumnya di validasi oleh empat orang validator yang terdiri dari 2 orang dosen matematika, 1 orang guru matematika, dan 25 orang siswa kelas IX. Dari hasil penelitian setelah diberi perlakuan selama dua kali pertemuan, yaitu pada kelas eksperimen 1 dengan model Numbered Head Together diperoleh nilai rata-rata sebesar 56,4 dan kelas eksperimen 2 dengan model Think Pair Share diperoleh nilai rata-rata sebesar 73,62. Hasil uji t dua arah dengan dk = 57 dan dengan kriteria penerimaan yaitu atau yaitu atau , sehingga diterima. Sehingga disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar model Numbered Head Together dengan model Think Pair Share,dimana secara keseluruhan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen 2 (TPS) berbeda dengan kelas eksperimen 1 (NHT) di SMP ST. Ignasius Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSurya, Edy196710191992031003
Call Number: SK-2018 MAT 009
Keywords: KEMAMPUAN PEMECAHAB MASALAH;NUMBERED HEAD TOGETHER;THINK PAIR SHARE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28742

Actions (login required)

View Item View Item