PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2017/2018

SIMBOLON, DUHOATO (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5132111005 C0VER.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5132111005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM 5132111005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.NIM 5132111005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.NIM 5132111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.NIM 5132111005 TABLES.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.NIM 5132111005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.NIM 5132111005 APENDICATES.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.NIM 5132111005 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM 5132111005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM 5132111005 BLIBIOGRAPY.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Duhoato Simbolon. NIM 5132111005. Penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Pada Siswa Kelas X Perogram Keahlian Teknik Konstruksi Batu Dan Beton SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Skripsi. Fakultas Teknik – Universitas Negeri Medan. 2017 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas X program keahlian teknik konstruksi batu dan beton di smk negeri 1 percut seituan tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 26 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur Tindakan direncanakan dalam dua siklus pembelajaran . Siklus pertama mempelajari batu dan beton. Siklus kedua mempelajari material penyusun batu dan beton. Hasil uji coba Tes hasil belajar pada siklus I, dari 30 soal diperoleh 26 soal yang valid dan dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 6 soal yang mudah,16 soal yang sedang dan 4 soal yang sulit. Uji daya beda soal 17 soal kategori baik dan 9 soal cukup. Pada siklus II, dari 30 soal diperoleh 24 soal yang valid dan dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 4 soal yang mudah, 14 soal yang sedang dan 6 soal yang sulit. Uji daya beda soal 14 soal kategori baik dan 10 soal cukup. penelitian ini dikatakan berhasil diukur berdasarkan indikator rata-rata kumulatif aktivitas dan hasil belajar siswa mendapat nilai 75 dalam mata pembelajaran konstruksi bangunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perolehan nilai rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 55,3 % yaitu pada siklus I dengan rata-rata 10,00 meningkat menjadi 15,53 pada siklus II. Pada perolehan nilai rata rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 22,27%, yaitu pada siklus I dengan rata-rata 68,07 kategori tidak kompeten meningkat menjadi 83,23 pada Siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pelajaran kostruksi bangunan pada siswa kelas X Program keahlian konstruksi batu dan beton SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, SUTRISNO197010072008121002
Call Number: SK-2018 BAN 008
Keywords: Numbered head Together, Aktivitas , Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:11
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28671

Actions (login required)

View Item View Item