PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.P 2016/2017

NOVENA, ITA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM.4133321067 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM.4133321067 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM.4133321067 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM.4133321067 PREFACE.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM.4133321067 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM.4133321067 TABLES.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM.4133321067 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM.4133321067 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM.4133321067 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM.4133321067 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM.4133321067 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P. 2016/2017 Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P. 2016/2017 yang terdiri dari 6 kelas pararel yaitu kelas IPA-1 sampai kelas IPA-6. Sampel penelitian diambil dengan teknik class random sampling, yaitu kelas IPA-3 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran inquiry training dan satu kelas lagi yaitu kelas IPA-4 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar keterampilan proses sains dalam bentuk essay dengan jumlah soal 6 buah. Dari analisa data nilai pretes kedua kelas didapatkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 54,12 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol sebesar 54,38, dan nilai postes kedua kelas didapatkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen sebesar 79,85 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol sebesar 65,44. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelas dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh thitung > ttabel (5,073 > 1,669) maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Sabani198004102006041003-
Call Number: SK-2018 FIS 015
Keywords: INQUIRY TRAINING, HASIL BELAJAR, FLUIDA STATIS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:11
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28666

Actions (login required)

View Item View Item