UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI PATUMBAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

BUATON, ANNARITA (2018) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI PATUMBAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7133142008 COVER.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7133142008 APPROVALSHEET.pdf - Published Version

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7133142008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7133142008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7133142008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7133142008 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7133142008 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7133142008 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7133142008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7133142008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7133142008 REFERENCE.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

AK SMK Negeri 1 Patumbak T.P 2017/2018”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Negeri 1 Patumbak T.P 2017/2018 melalui penerapan model Jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Patumbak T.P 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AK yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan didalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Dari hasil analisis data pretest sebagai hasil belajar awal siswa dengan 63,52%. Data postes siklus I dengan Rata-rata nilai 67,5% berarti ada peningkatan hasil belajar siswa sebesar 3,98%. Sedangkan, data postes siklus II dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa 83% berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari postes siklus I ke postes siklus II sebesar 15,5%. Hal ini menunjukan siklus II sudah mencapai standar KKM secara klasikal yaitu 75% siswa harus memperoleh nilai ≥ 75. Sedangkan hasil angket minat yang dilaksanakan pada siklus I diperoleh kriteria sangat berminat 1 siswa (3%), berminat 20 siswa (56%), cukup minat 12 siswa (33%), kurang minat 3 siswa (8%), pada siklus II di dapat kriteria sangat berminat 22 siswa (61%) dan criteria siswa berminat 14 siswa (39%), dan tidak berminat belajar 0%. Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Jigsaw dapat Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Patumbak Tahun Pembelajaran 2017/2018. Hal ini berarti bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran akuntansi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRUSLAN, DEDE19650704 199003 1 002
Call Number: SK-2018 AKT 021
Keywords: MINAT BELAJAR, HASIL BELAJAR AKUNTANSI, MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28610

Actions (login required)

View Item View Item