PENGARUH MEDIA MOVIE MAKER TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH SISWA KELAS XI BUSANA BUTIK SMK NEGERI 1 STABAT

RAMADHANI, LAILA (2018) PENGARUH MEDIA MOVIE MAKER TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH SISWA KELAS XI BUSANA BUTIK SMK NEGERI 1 STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5123341018 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5123341018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5123341018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5123341018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5123341018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5123341018 TABLES.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5123341018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5123341018 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5123341018 LIST OF BAGAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 5123341018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5123341018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 5123341018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui hasil belajar menggambar proporsi tubuh mengunakan media movie makerterhadap siswa kelas XI Busana Butik SMK Negeri 1 Stabat. 2)Untuk mengetahui hasil belajar menggambar proporsi tubuh tanpa mengunakan media pembelajaran siswa kelas XI Busana Butik SMK Negeri 1 Stabat. 3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media Movie Maker terhadap hasil belajar menggambar proporsi tubuhSiswa Kelas XI Busana Butik SMK Negeri 1 Stabat”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Busana Butik SMK Negeri 1 Stabat, sebanyak dua kelas dengan jumlah 69 siswa. Teknik pengambilan sampple menggunakan Total Sampling yaitu sampel merupakan seluruh populasi kelas XI Busana Butik. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar menggambar proporsi tubuh dalam penelitian ini menggunakan pengamatan pada hasil menggambar proporsi tubuh. Teknik analisa data melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji kecenderungan dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar menggambar proporsi tubuh pada siswa kelas XI Busana Butik SMK Negeri 1 Stabat untuk kelas eksperimen cenderung tinggi yaitu 85%. Dan tingkat kecenderungan hasil menggambar proporsi tubuh untuk kelas kontrol cenderung cukup yaitu 57%. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 6,8 dan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dk = 67 sebesar 1,63. Untuk uji normalitas data menggunakan rumus Liliefors pada taraf signifikan 0,05 dengan dk=33, diperoleh data hasil belajar menggambar proporsi tubuh kelas eksperimen berdistribusi normal, karena Lhitung< Ltabel = 0,065< 0,150 dan kelas kontrol berdistribusi normal, karena Lhitung < Ltabel = 0,113< 0,150. Uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 0,73< 1,88 sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogen).Dari hasil perhitungan uji hipotesis dengan hasil thitung >ttabel (6,8 > 1,63), Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Media Movie Maker Terhadap Hasil belajar menggambar proporsi tubuh Siswa Kelas XI Busana Butik SMK Negeri 1 Stabat. Berdasarkan hasil perhitungan terlihat bahwa penerapan media movie maker baik digunakan di SMK Negeri 1 Stabat terutama dalam materi menggambar proporsi tubuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmpera, Dina196503051989032001
Call Number: SK-2018 BSN 002
Keywords: MEDIA MOVIE MAKER, HASIL BELAJAR MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:05
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28595

Actions (login required)

View Item View Item