PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR TEORI PENATAAN SANGGUL TRADISIONAL SISWA KELAS XI TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 10 MEDAN

Banjarnahor, Nopryanita (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR TEORI PENATAAN SANGGUL TRADISIONAL SISWA KELAS XI TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5132144008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5132144008 COVER.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5132144008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5132144008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5132144008 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5132144008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5132144008 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5132144008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (885kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5132144008. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5132144008. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5132144008. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5132144008. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5132144008 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5132144008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5132144008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5132144008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5132144008 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5132144008 BAB I.pdf - Published Version

Download (598kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5132144008 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5132144008 BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5132144008. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5132144008. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran penataan sanggul ukel tekuk dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas XI2 SMK Negeri 10 Medan. bertjuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran penataan sanggul tardisional ukel tekuk dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) di kelas XI1 SMK Negeri 10 Medan. untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar penatan sanggul ukel tekuk siswa SMK Negeri 10 Medan.
Penelitian ini mengunakan kuasi eksperimen (quasi experimen design) sehingga diambil sampel 2 kelas yaitu 1 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol .Kelas eksperimen diberikan perlakukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) sedangkan kelas kontrol diberi perlakuakn dengan model pembelajaran konvensional.Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata kecantikan Rambut SMK Negeri 10 Medan yang berjumlah 60 orang siswa.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajar siswa pada penataan sanggul tardisional ukel tekuk .Uji validitas dilakukan dengan menggunakan rumus Rpbis dimana Rhitung>Rtabel maka disebur valid sehingga dari 40 butir soal terdapat 33 butir soal yang valid. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji parametrik yaitu uji t dua pihak dengan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data.
Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa tenatang penatan sanggul ukel tekuk dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berada dalam kategori tinggi . Tingkat penguasaan siswa tentang penatan sanggul tardisional ukel tekuk. Tingkat penguasaan siswa tentang penatan sanggul tardisional ukel tekuk dengan pembelajaran konvensional berada pada kategori tinggi. Terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar penataan sanggul tradisional ukel tekuk dimana pada pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 8,843>ttabel =2,750. Sehingga diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar penataan sanggul tradisional ukel tekuk yang diajarkan dengan model pembelajaran konvesional pada siswa tata kecantikan rambut kelas XI SMK Negeri 10 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 RIAS 005
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together, Hasil Belajar Panataan Sanggul Tradisional
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
N Fine Arts > NX Arts in general > NX650 Special subjects, characters, persons, religious arts, etc.
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:01
Last Modified: 03 Mar 2018 05:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28556

Actions (login required)

View Item
View Item