PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM TATANAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA SMA SWASTA DHARMAWANGSA MEDAN

Nadriyah, (2010) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM TATANAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA SMA SWASTA DHARMAWANGSA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081188930028 - Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188930028 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188930028 - DaftarIsi.pdf - Published Version

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188930028 - Bab-I.pdf - Published Version

Download (812kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188930028 - Bab-V.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188930028 - DaftarPustaka.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah hasil belajar biologi siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah dalam tatanan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah; (2) apakah hasil belajar biologi siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah dalam tatanan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw Iebih baik dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional; dan (3) apakah basil belajar biologi siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian dilakukan di SMA Swasta Dharmawangsa Medan pada tahun pembelajaran 2009/2010.Metode penelitian adalah metode kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas terdiri dari kelas eksperimen A (pembelajaran berbasis masalah dalam tatanan pembelajaran kooperatif jigsaw); eksperimen B (pembelajaran berbasis masalah), dan kelas kontrol (pembelajaran konvensional). Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar berjumlah 25 soal dalam bentuk pilihan berganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Teknik analisis yang digunakan teknik Analisis Covarians (Anacova) dengan bantuan program SPSS 16.0for Windows.Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasil belajar biologi siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah dalam tatanan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw (83,0) lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah (80,22); (2) Hasil belajar biologi siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah dalam tatanan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw (83,0) Iebih baik dari basil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional (74,44); dan (3) Hasil belajar biologi siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah (80,22) lebih balk dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional (74,44). Dengan demikian, terbukti ada pengaruh pembelajaran berbasis masalah dalam tatanan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X di SMA Swasta Dharmawangsa Medan tahun pelajaran 2009/2010, yang dibuktikan dari hasil analisis varians (Anacova) dimana nilai F-hitung > F-tabel yaitu 8,007 > 3,09 dan nilai probabilitas (sig.) 0,001 < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarahap, Fauziyah196607281994032002
Thesis advisorHasruddin, 196404241989031027
Call Number: 570.071 Nad p
Keywords: Kooperatif tipe Jigsaw; Hasil Belajar Biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2855

Actions (login required)

View Item View Item