EFEKTIVITAS PENAMBAHAN CHITOSAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MUTU IKAN KEMBUNG ASIN (Rastrelliger sp) SELAMA PENYIMPANAN SUHU RUANG

Gafur, Irfan Andi and Wulandari, Sri and Febrita, Elya (2017) EFEKTIVITAS PENAMBAHAN CHITOSAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MUTU IKAN KEMBUNG ASIN (Rastrelliger sp) SELAMA PENYIMPANAN SUHU RUANG. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover dan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of IA Gafur, S Wulandari, E Febrita.pdf]
Preview
Text
IA Gafur, S Wulandari, E Febrita.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview

Abstract

Dilakukan penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas penambahan chitosan dalam meningkatkan kualitas mutu ikan kembung asin (Rastreliger sp) selama penyimpanan suhu ruang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April hingga Mei 2016 yang dilakukan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial terdiri atas 5 perlakuan dan 3 ulangan sehingga diperoleh 15 unit rancangan percobaan. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Parameter yang yang diamati meliputi kadar air, kadar protein, kadar lemak serta nilai organoleptik yang meliputi kenampakan, aroma, rasa, dan tekstur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan chitosan berpengaruh terhadap kadar air, protein, dan lemak serta nilai organoleptik pada ikan kembung asin (Rastrelliger sp). Uji kualitas mutu menunjukkan bahwa kadar air menurun hingga 9,545%, kadar lemak hingga 1,543% dan juga meningkatkan kadar protein hingga 48,905%. Pada uji hendonik organoleptik menunjukkan nilai kenampakan dan rasa yang paling disukai panelis yaitu pada penambahan konsentrasi chitosan 3%, aroma pada chitosan 2% dan tekstur pada chitosan 4%. Hasil penelitian ini digunakan untuk menentukan konsentrasi terbaik skala 1 hingga 4% dalam meningkatkan kualitas mutu ikan kembung asin (Rastrelliger sp) selama penyimpanan suhu ruang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Konsentrasi Chitosan; Ikan Kembung Asin (Rastrelliger sp)
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL605 Chordates. Vertebrates > QL614 Fishes
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3 Aquaculture > SH151 Fish culture
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 06:22
Last Modified: 24 Jan 2018 06:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28400

Actions (login required)

View Item
View Item