PERANAN SUPERVISI PENGAJARAN TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMP NEGERI 6 MEDAN

Azrina, (2010) PERANAN SUPERVISI PENGAJARAN TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMP NEGERI 6 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081188130051 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188130051 Abstrak.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188130051 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188130051 Bab I.pdf - Published Version

Download (988kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188130051 Bab V.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188130051 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pelaksanaan supervisi pengajaran di SMP Negeri 6 Medan 2) Implementasi KTSP di SMP Negeri 6 Medan, 3) Peranan supervisi pengajaran terhadap impletrientasi KTSP di SMP Negeri 6 MedanMetode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data yang dikumpulkan divalidasi dengan triangulasi, menggunakan bahan referensi, mengadakan member check serta membandingkan hasil wawancara dengan basil observasi dan dokumentasi.Temuan penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi pengajaran di SMP Negeri 6 Medan terlaksana dengan baik, implementasi KTSP di SMP Negeri 6 Medan berjalan baik, dan peranan supervisi pengajaran terhadap implementasi KTSP di SMP Negeri 6 Medan cukup signifikan dan baik. Sebab, sebelum melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai supervisor pengajaran, pengawas terlebih dahulu memberikan jadwal kunjungan kepada kepala sekolah. Dalam jadwal kunjungan itu telah ditentukan apa yang akan disupervisiBeberapa hal yang dapat disarankan adalah agar : a) sebelum melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai supervisor pengajaran; pengawas terlebih dahulu memberikan arahan-arahan teknis terutama dalam mensukseskan implementasi KTSP, 2) implementasi KTSP agar diawasi secara rutin, sehingga tidak terjadi pelanggaran yang bcrsifat prinsip, dan c) agar kepala sekolah membuka din bagi pcnccrahan¬pencerahan yang dilakukan pengawas sekolah terutama dalam kaitannya terhadap kurikulum.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSagala, Syaiful195805091986111001
Thesis advisorLubis, Rajab196001121985031005
Call Number: 371.19 Azi p
Keywords: Sekolah; Pendidikan; Kurikulum; Supervisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2797

Actions (login required)

View Item View Item