PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PERILAKU SIBLING RIVALRY SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 MEDAN T.A 2016/2017

Bintang, Lespita (2017) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PERILAKU SIBLING RIVALRY SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1132151006 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1132151006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1132151006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1132151006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1132151006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1132151006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1132151006 TABLES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1132151006 ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1132151006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1132151006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1132151006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan konseling kelompok teknik role playing terhadap perilaku sibling rivalry pada siswa kelas X IPA-3 SMA N 15 Medan T.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus s/d Oktobet 2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan one group pre-test post-test design.Teknik penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data siswa yang memiliki tingkat perilaku sibling rivalry yakni menggunakan angket yang dibagikan kepada 30 siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 dan diambil 8 siswa secara homogen yang memiliki persentasi perilaku sibling rivalry rendah dan sedang. Dari hasil angket pre-test diperoleh skor rata-rata sebesar 81,25 sedangkan hasil post-test diperoleh skor rata-rata 128,12. Berdasarkan hasil tersebut dapat dilihat adanya peningkatan persentase perilaku sibling rivalry atau penurunan perilaku sibling rivalry siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok teknik role playing dengan kontribusi sebesar 58%. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik nonparametrik dengan menggunakan uji wilcoxon. Hasil analisis uji wilcoxon menunjukkan bahwa pada uji jumlah jenjang wilcoxon diperoleh hasil perhitungan jumlah jenjang bertanda positif = 29 dan jumlah jenjang bertanda negatif = 6. Jadi, nilai Jhitung = 6 yaitu jumlah jenjang yang lebih kecil. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda wilcoxon untuk n= 8, α = 0,05 adalah 4. Dari hasil analisis dilihat Jhitung > Jtabel dimana 6 > 4 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi “ pengaruh pemberian layanan konseling kelompok teknik role playing terhadap perilaku sibling rivalry siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 ” dapat diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorGinting,, Rafael Lisinus198506262014041001
Thesis advisorRahmulyani, 196105011986012001
Call Number: SK-2017 BK 088
Keywords: Konseling Kelompok,Role Playing, Sibling Rivalry
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Dec 2017 15:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27607

Actions (login required)

View Item View Item