PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MEDAN AREA

Nini, Sri Wahyuni (2007) PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MEDAN AREA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
045020287 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020287 Abstrak.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020287 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020287 Bab I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020287 Bab V.pdf - Published Version

Download (958kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020287 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (833kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Metode Pemberian Tugas Kelompok dan Tugas Individu Terhadap Hasil Belajar Psikologi Industri dan Organisasi (2) Pengaruh Mahasiswa Yang Memiliki Kemandirian Tinggi dan yang Memiliki Kemandirian Rendah Terhadap Hasil Belajar Psikologi Industri dan Organisasi (3) Apakah Ada Interaksi Antara Metode Pemberian Tugas dan Kemandirian Mahasiswa Terhadap Hasil Betajar Psikologi Industri dan Organisasi.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester IV Fakultas Psikologi Universitas Medan Area, dan sampel diambil dari 2 kelas secara cluster random sampling. Penelitian ini dilakukan pada semester IV tahun ajaran 2006/2007. Metede penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain factorial 2x2, tehnik analisis data yang menggunakan analisis varian dua jalur (AVAVA). Kemandirian mahasiswa diukur dengan menggunakan angket kemandirian. Tes hsil belajar Psikologi Industri dan Organisasi menggunakan tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 45 butir soal dan memiliki reliabilitas 0,94 menggunakan rumus KR-20. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajr Psikologi Industri dan Organisasi Mahasiswa dibelajarkan dengan rnetade pemberian tugas individu lebih tinggi dari metode pemberian tugas kelompok. Hal ini ditunjukkan oleh. Fh (4,83) > Ft (3,96) pada taraf signifikan α=0,05. hasil belajar Psikologi Industri dan Organisasi Mahasiswa yang memiliki kemandirian tinggi lebih tinggi dari kemandirian rendah, hal ini ditunjukkan oleh Fh (19,605) > tabel (3,96) pada taraf signifikan α=0,05 uji lanjut mengunakan uji scheffe yang membuktikan bahwa hasil belajar Psikologi Industri dan Organisasi mahasiswa dengan kemandirian tinggi yang menggunakan metode pemberiantugas individu lebih tinggi basil belajamya dibandingkan dengan metode pemberina tugas kelompok. Sedangkan mahasiswa yang memiliki kemandirian (tinggi atau rendah) tidak mempengaruhi hasil belajar. Berdasarkan penemuan ini, beberapa kesimpulan, inplikasi dan saran disampaikan untuk perbaikan metode pembeirian tugas Psikologi Industri dan Organisasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitumorang, Julaga195108201978031002
Thesis advisorHamid, Abdul195802221981031001
Call Number: 371.39 Nin p
Keywords: Metode Pemberian Tugas; Hasil Belajar; Psikologi Industri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2733

Actions (login required)

View Item View Item