Tamba, Maya Agnes Pebriana (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 21 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4132121014 COVER.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
2. NIM 4132121014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
3. NIM 4132121014 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM 4132121014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
5. NIM 4132121014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
8. NIM 4132121014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
9. NIM 4132121015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
13. NIM 4132121014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
14. NIM 4132121014 BILLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum dan
impuls.
Penelitian ini adalah jenis Quasi Eksperiment. Populasi seluruh siswa kelas X
SMA Negeri 21 Medan berjumlah 4 kelas. Dengan teknik Class Random Sampling
terpilih dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang
digunakan adalah tes pilihan berganda sebanyak 15 soal yang telah dilakukan uji
persyaratan tes dan disertai pengamatan sikap dan keterampilan.
Data rata-rata pretes kelas eksperimen dan kontrol adalah 33,90 dan 32,16. Hasil
uji beda diperoleh = 0,64< = 2,003 artinya kedua kelas mempunyai kemampuan
awal yang sama. Selanjutnya nilai rata-rata postes kelas eksperimen 73,90 dan kelas
kontrol 68,26. Uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa kedua kelas
berdistribusi normal dan homogen. Kemudian uji hipotesis memberikan bahwa =
2,32 > = 2,003 berarti ha diterima yang menyatakan ada perbedaan yang signifikan
akibat pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inquiry Training berpengaruh
terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum dan impuls kelas X SMA
Negeri 21 Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 204 |
Keywords: | Quasi Eksperimen, Inquiry Training, konvensional, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 14:14 |
Last Modified: | 22 Nov 2017 03:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27301 |