POLA PENGINTEGRASIAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENGELOLAAN PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 39 MEDAN

Ramadan, Fadli (2017) POLA PENGINTEGRASIAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENGELOLAAN PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 39 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM. 8156132009 COVER.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM. 8156132009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM. 8156132009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM. 8156132009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM. 8156132009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM. 8156132009 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM. 8156132009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM. 8156132009 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM. 8156132009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156132009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156132009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Pengintegrasian Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Pengelolaan Penyelenggaraan Pembelajaran di SMP Negeri 39. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data yang dibutuhkan dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan guru. Pelaksanaan pendidikan karakter di SMP Negeri 39 Medan terlaksana dengan efektif dengan mengacu kepada rencana yang telah dibuat. Implementasi pendidikan karakter SMP Negeri 39 Medan dilakukan melalui (1) pengintegrasian melalui mata pelajaran, dengan memasukkan nilai-nilai pendidikan karakter pada perangkat pembelajaran yaitu silabus dan RPP,(2) melalui pengintegrasian mata pelajaran muatan lokal, dan (3) melalui pengembangan diri (pembiasaan), yaitu kegiatan terprogram, kegiatan rutin, kegiatan keteladanan, kegiatan spontan, dan kegiatan penunjang serta (4) pengkondisian, dilakukan dengan penyediaan sarana pendukung pendidikan karakter dan pembudayaan pendidikan karakter. Pelaksanaan pendidikan karakter SMP Negeri 39 Medan melibatkan semua komponen di sekolah (Kepala sekolah, guru dan karyawan) dan peran serta orang tua di rumah. Dengan adanya koordinasi ini telah meningkatkan keefektifan pembentukkan karakter anak. Dalam penyelenggaraan pendidikan karakter anak, utamanya di sekolah tidak akan memperoleh hasil yang maksimal apabila tidak melibatkan semua komponen pendidikan di sekolah dan peran serta orang tua di rumah dalam pembentukkan karakter anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPurba, Sukarman196205231987031002
Thesis advisorSiahaan, Mian196012101986031003
Call Number: 370.114 Ram p
Keywords: Pendidikan Karakter; Efektifitas; Kepala Sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Nov 2017 08:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27262

Actions (login required)

View Item View Item