PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI DI SIBOLGA

Fitri, Anisa (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI DI SIBOLGA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8136171007 COVER.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8136171007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8136171007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8136171007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8136171007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8136171007 TABLES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8136171007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8136171007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8136171007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8136171007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8136171007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMPN di sibolga dengan menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan PMR yang dikembangkan; 2) validitas perangkat PMR yang dikembangkan ; 3) Efektifitas perangkat berbasis PMR yang dikembangkan terhadap kemampuan komunikasi dan motivasi belajar, dan 4) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan komunikasi dan motivasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan oleh dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan perangkat matematika realistik berbasis pendekatan matematika realistik dengan menggunakan model pengembangan 4-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat berbasis PMR yang dikembangkan dikelas VIII SMPN 3 dan VIII SMPN 8 Sibolga. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi dan motivasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis PMR yang dikembangkan; 2) perangkat PMR yang dikembangkan valid dengan rata-rata validitas, RPP = 4,40 ; buku siswa (BS) = 4,32 ; buku guru (BG) = 4,20 ; LAS = 4,26 ; 3) Perangkat berdasarkan PMR yang dikembangkan efektif, ditinjau dari : a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah mencapai target yaitu 85%; b) waktu pembelajaran yang digunakan telah ditetapkan efesien; c) Respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat dan kegiatan pembelajaranpositif ; dan 4) Proses jawaban siswa pada uji coba II lebih baik dari uji coba I.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSaragih, Sahat196102051988031003
Thesis advisorHasratuddin, 196312311991031030
Call Number: 510.071 2 Fit p
Keywords: Pengembangan perangkat; Model 4-d; PMR; Komunikasi matematis; Motivasi belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Nov 2017 08:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27252

Actions (login required)

View Item View Item