PERBANDINGKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VIII SMP NEGERI 35 MEDAN T.A 2017/2018

Novisyah, Nur'aini (2017) PERBANDINGKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VIII SMP NEGERI 35 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 4131111030 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 4131111030 COVER.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 2. 4131111030 LEMBAR PENGESAHAN.PDF]
Preview
Other
2. 4131111030 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 3. 4131111030 RIWAYAT HIDUP.PDF]
Preview
Other
3. 4131111030 RIWAYAT HIDUP.PDF - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 4. 4131111030 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. 4131111030 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 5. 4131111030 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. 4131111030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[thumbnail of 6. 4131111030 DAFTAR ISI.PDF]
Preview
Other
6. 4131111030 DAFTAR ISI.PDF - Published Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 7. 4131111030 DAFTAR GAMBAR.PDF]
Preview
Other
7. 4131111030 DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version

Download (3kB) | Preview
[thumbnail of 8. 4131111030 DAFTAR TABEL.PDF]
Preview
Other
8. 4131111030 DAFTAR TABEL.PDF - Published Version

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of 9. 4131111030 DAFTAR LAMPIRAN.PDF]
Preview
Other
9. 4131111030 DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version

Download (6kB) | Preview
[thumbnail of 10. 4131111030 BAB I.PDF]
Preview
Other
10. 4131111030 BAB I.PDF - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 14. 4131111030 BAB V.PDF]
Preview
Other
14. 4131111030 BAB V.PDF - Published Version

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of 15. 4131111030 DAFTAR PUSTAKA.PDF]
Preview
Other
15. 4131111030 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (300kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat kemampuan
komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery
Learning dan model pembelajaran Problem Based Learning di SMP Negeri 35
Medan T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen.
Dalam penelitian ini populasi yang diambil adalah seluruh siswa SMP
Negeri 35 Medan Kelas VIII sebanyak 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan
menggunakan teknik cluster sampling dan banyak sampel dalam penelitian ini
terdiri dari 2 kelas, kelas pertama disebut sebagai kelas eksperimen I dengan
model pembelajaran Discovery Learning dan kelas kedua disebut sebagai kelas
eksperimen II dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan jumlah
siswa pada masing-masing kelas adalah 34 orang siswa untuk kelas eksperimen I
dan 34 orang siswa untuk kelas eksperimen II.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes
kemampuan komunikasi matematis, yang terdiri dari 4 butir soal uraian. Tes
diberikan sebanyak 2 kali yaitu pretest sebelum diberikan pembelajaran dan
posttest diberikan setelah pembelajaran di kedua kelas berakhir.
Dari hasil pengolahan data diperoleh rata-rata kemampuan komunikasi
matematis siswa pada hasil pretest diperoleh 54,26 untuk kelas eksperimen I dan
54,85 untuk kelas eksperimen II. Sedangkan pada posttest rata-rata kemampuan
komunikasi matematis siswa sebesar 82,65 untuk kelas eksperimen I dan 75,00
untuk kelas eksperimen II.
Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan yaitu dengan
mengggunakan uji dua pihak. Berdasarkan tabel hasil pengujian pada taraf
signifikansi α = 0,05 dan dk =n1 + n2 - 2 = 66 dengan thitung = 3,16 dan ttabel =
1,669 , Ha diterima. maka berdasarkan pengujian tersebut diperoleh bahwa H0
ditolak berarti a H diterima sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan
kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran
Discovery Learning dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di
SMP Negeri 35 Medan T.A. 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 154
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematis, DL, PBL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2017 15:26
Last Modified: 21 Nov 2017 02:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27216

Actions (login required)

View Item
View Item