PERBANDINGKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VIII SMP NEGERI 35 MEDAN T.A 2017/2018

Novisyah, Nur'aini (2017) PERBANDINGKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VIII SMP NEGERI 35 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 4131111030 COVER.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Other
2. 4131111030 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Other
3. 4131111030 RIWAYAT HIDUP.PDF - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 4131111030 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 4131111030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Other
6. 4131111030 DAFTAR ISI.PDF - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Other
7. 4131111030 DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version

Download (3kB) | Preview
[img]
Preview
Other
8. 4131111030 DAFTAR TABEL.PDF - Published Version

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Other
9. 4131111030 DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Other
10. 4131111030 BAB I.PDF - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Other
14. 4131111030 BAB V.PDF - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Other
15. 4131111030 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (300kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran Problem Based Learning di SMP Negeri 35 Medan T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini populasi yang diambil adalah seluruh siswa SMP Negeri 35 Medan Kelas VIII sebanyak 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster sampling dan banyak sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, kelas pertama disebut sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas kedua disebut sebagai kelas eksperimen II dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan jumlah siswa pada masing-masing kelas adalah 34 orang siswa untuk kelas eksperimen I dan 34 orang siswa untuk kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan komunikasi matematis, yang terdiri dari 4 butir soal uraian. Tes diberikan sebanyak 2 kali yaitu pretest sebelum diberikan pembelajaran dan posttest diberikan setelah pembelajaran di kedua kelas berakhir. Dari hasil pengolahan data diperoleh rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa pada hasil pretest diperoleh 54,26 untuk kelas eksperimen I dan 54,85 untuk kelas eksperimen II. Sedangkan pada posttest rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 82,65 untuk kelas eksperimen I dan 75,00 untuk kelas eksperimen II. Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan yaitu dengan mengggunakan uji dua pihak. Berdasarkan tabel hasil pengujian pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk =n1 + n2 - 2 = 66 dengan thitung = 3,16 dan ttabel = 1,669 , Ha diterima. maka berdasarkan pengujian tersebut diperoleh bahwa H0 ditolak berarti a H diterima sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMP Negeri 35 Medan T.A. 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSURYA, EDY196710191992031003
Call Number: SK-2017 MAT 154
Keywords: Komunikasi Matematis, DL, PBL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2017 15:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27216

Actions (login required)

View Item View Item