EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MEDIA PHET DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS

Mahulae, Parno Sumanro (2017) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MEDIA PHET DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156175018 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156175018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156175018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156175018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156175018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156175018 TABEL.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156175018 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156175918 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156175018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156175018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156175018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui apakah hasil keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training lebih baik daripada pembelajaran konvensional, mengetahui apakah hasil keterampilan proses sains siswa yang memiliki sikap ilmiah di atas rata-rata lebih baik daripada siswa yang memiliki sikap ilmiah di bawah rata-rata, mengetahui apakah ada interaksi antara model pembelajaran inquiry training dengan sikap ilmiah siswa terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 19 Medan semester II tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling, yaitu sebanyak 2 kelas berjumlah 66 orang. Kelas X-2 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training terdiri atas 36 orang siswa, kelas X-1 sebagai kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran konvensional terdiri atas 33 orang siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan angket sikap ilmiah dan keterampilan proses sains yang masing-masing terdiri dari 10 soal dan telah dinyatakan valid dan reliabel. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan Anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training lebih baik daripada pembelajaran konvensional, keterampilan proses sains siswa yang memiliki sikap ilmiah di atas rata-rata lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki sikap ilmiah di bawah rata-rata, dan terdapat interaksi antara model pembelajaran inquiry training dan pembelajaran konvensional dengan sikap ilmiah dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSirait, Motlan195908051986011001
Thesis advisorSirait, Makmur196303061989031009
Call Number: 530.071 Mah e
Keywords: Model pembelajaran inquiry training; Pembelajaran konvensional; Sikap ilmiah; Keterampilan proses sains
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Nov 2017 08:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27138

Actions (login required)

View Item View Item