PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS X SMAN 1 MEDAN

Daulay, Anggi Paramita (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS X SMAN 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156172004 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156172004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156172004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156172004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156172004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156172004 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156172004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156172004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8156172004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156172004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning (PBL) yang dikembangkan, (2) Peningkatan self-efficacy siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning (PBL) yang dikembangkan, dan (3) Menemukan perangkat pembelajaran yang efektif dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning (PBL) yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan model Dick and Carey. Instrumen penelitian ini adalah Buku Guru, Buku Siswa, LKS, tes kemampuan penalaran matematis (TKPM), dan angket self-efficacy siswa. Uji coba I dilakukan pada siswa kelas X MIA 3 dan uji coba II di kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Medan. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Adanya peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, (2) Adanya peningkatan self-efficacy siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, dan (3) Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria keefektifan, yakni ditinjau dari: a) Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal, b) Ketercapaian tujuan pembelajaran, c) waktu pembelajaran yang efesien, dan d) Respon siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArmanto, Dian196310111988031001
Thesis advisorRajagukguk, Waminton196110051986011001
Call Number: 510.071 2 Dau p
Keywords: Pengembangan perangkat pembelajaran; Problem based learning; Dick and carey; Kemampuan penalaran matematis; Self-efficacy
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Nov 2017 08:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27116

Actions (login required)

View Item View Item