IMPLEMENTASI KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TANJUNG MORAWA

Nurhayati, (2009) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TANJUNG MORAWA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
065030595 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
065030595 Abstrak.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
065030595 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
065030595 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
065030595 Bab V.pdf - Published Version

Download (10MB)
[img] Text
065030595 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (10MB)

Abstract

Belum ditemukan implementasi komunikasi organisasi yang lancar dan efektif antara kepala sekolah dengan para guru, staf dan siswa. Lebih jauh belum ditemukan peran implementasi komunikasi organisasi dalam peningkatan mutu pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tanjung Morawa, sampai saat ini belum dikenal dan ini merupakan latar belakang masalah penelitian ini. Masalah penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) bagaimana mengimplementasikan komunikasi organisasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tanjung Morawa dalam peningkatan mutu pembelajaran, 2) faktor-faktor apa saja yang menghambat implementasi komunikasi dalam peningkatan mutu pembelajaran dan, upaya¬upaya apa yang dilakukan kepala sekolah untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan:1) Implementasi komunikasi organisasi yang diterapkan antara kepala sekolah, guru, staf dan siswa di dalam peningkatan mutu pembelajaran.2) Faktor-faktor penghambat implementasi komunikasi organisasi, dan3) Upaya dalam mengatasi hambatan implementasi komunikasi organisasi dalam peningkatan mutu pembelajaran di Madrasah Negeri Tanjung Morawa.Temuan penelitian menunjukkan bahwa:1) Implementasi komunikasi organisasi kepala sekolah di dalam kepemimpinannya belum lancar dan efektif, karena kepala sekolah masih menerapkan sistem/pola benevolent otoritatif, komunikasi satu arah sehingga tidak terjadi umpan balik.2) Kendalanya, kurang lamanya komunikasi tatap muka, ada rasa curiga dengan informasi yang diterima dan persepsi yang keliru dalam memandang implementasi komunikasi organisasi dengan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan kepala sekolah.3) Upaya yang dilakukan kepala sekolah, yaitu menyampaikan informasi yang sebenarnya secara transparan, membuka diri, mengikutsertakan bawahan di dalam mengambil kebijakan sekolah, dan memberi kesempatan kepada bawahan untuk mengembangkan profesinya.Selanjutnya dapat diambil kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa : implementasi komunikasi organisasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tanjung Morawa belum merupakan komunikasi yang lancar dan efektif dalam peningkatan mutu pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDamanik, Ibnu Hajar196305201987031004
Thesis advisorSiman, UNSPECIFIED
Call Number: 372.236 06 Nur i
Keywords: Kelapa sekolah; Komunikasi organisasi; Pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM756 Community
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2710

Actions (login required)

View Item View Item