IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 TIGALINGGA

Sembiring, Santa Klara (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 TIGALINGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3133131047 COVER.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3133131047 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM. 3133131047 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3133131047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3133131047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3133131047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3133131047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.NIM. 3133131047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 3133131047 BAB I.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 3133131047 BAB VI.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 3133131047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui gambaran implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Tigalingga. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tigalingga tahun 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Guru Geografi yang ada di SMA Negeri 1 Tigalingga dan sekaligus ditetapkan sebagai sampel yang berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan teknik komunikasi langsung melalui observasi dan wawancara, kemudian data dianalisis dengan teknik deskriptif. Implementasi pendidikan karakter dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Tigalingga telah mengintegrasikan 7 nilai karakter yaitu: (1) Jujur (2) Toleransi (3) Disiplin (4) Kerja Keras (5) Bersahabat/Komunikatif (6) Rasa Ingin Tahu dan (7) Tanggung Jawab. Sedangkan, pada pelaksanaan pembelajaran telah mengintegrasikan 13 nilai karakter yaitu: (1) Religus (2) Jujur (3) Toleransi (4) Disiplin (5) Kerja Keras (6) Mandiri (7) Demokratis (8) Rasa Ingin Tahu (9) Menghargai Prestasi (10) Bersahabat/Komunikatif (11) Gemar Membaca (12) Peduli Lingkungan (13) Tanggung Jawab. Namun, pada evaluasi pembelajaran hanya mengintegrasikan pengamatan karakter siswa secara terus-menerus tanpa menggunakan alat evaluasi dan format evaluasi dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBerutu, Nurmala196205271987032002
Call Number: SK-2017 GEO 105
Keywords: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795 Temperament. Character
G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Nov 2017 11:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27015

Actions (login required)

View Item View Item