PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATAKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP BUDI MURNI 2 MEDAN

Nababan, Imelda (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATAKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP BUDI MURNI 2 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8126172019 COVER.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8126172019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8126172019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8126172019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8126172019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8126172019 TABLES.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8126172019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8126172019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8126172019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8126172019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Memperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif yang dikembangkan berbasis PMR, (2) Mengetahui apakah perangkat pembelajaran yang dikembangkan meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Thiagarajan, Semmel , yaitu model 4-D. Subjek pada uji keterbacaan adalah siswa kelas IXA. Subjek pada uji lapangan adalah siswa kelas 〖VIII〗_A. Data dikumpulkan menggunakan 4 jenis instrumen yaitu lembar validitas, lembar observasi, angket dan tes. Hasil penelitian diperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis efektif. (1) Rata-rata total validitas ditunjukkan oleh 5 orang validator, untuk RPP: 4,39, LAS: 4,43, buku Siswa: 4,56; buku guru: 4,3, tes hasil belajar: valid, hasil validasi ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan layak digunakan (2) Kepraktisan dilihat dari uji coba keterbacaan dengan hasil sudah memenuhi kriteria kepraktisan yaitu: lembar observasi keterlaksanaan perangkat 3,49; Respon siswa dan respon guru terhadap perangkat pembelajaran masing-masing 3,06 dan 3,27 (3) Efektivitas dilihat dari uji coba lapangan sudah memenuhi kriteria keefektifan yaitu ketuntasan belajar klasikal 88,89 , 90% siswa memberikan respon positif dan waktu pembelajaran tidak berbeda jauh dengan pembelajaran biasa . Pada uji coba lapangan terjadi peningkatan pemahaman konsep matematis siswa. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Bornok196509101991021001
Thesis advisorDewi, Izwita196207061989032001
Call Number: 510.071 2 Nab p
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Pendekatan Matematika Realistik; Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Nov 2017 13:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26984

Actions (login required)

View Item View Item